AISusi1107BeginnerAISusi1107 0 182 posts
Di-posting 13 Februari
Lounge

Inilah Ada Beberapa Pemicu Gula Darah Naik

Gula darah merupakan istilah yang akan mengacu pada tingkat glukosa yang ada didalam darah. Konsentrasi gula darah atau tingkat glukosa serum. Glukosa yang akan dialirkan melalui darah yaitu sumber utama energi untuk sel-sel yang ada dalam tubuh. Menurut dalam ilmu medis, apabila kekurangan gula atau zat glukosa yang ada dalam darah disebut dengan gula darah. Sehingga adanya kadar gula darah yang normal yang ada pada tubuh sangat penting bagi kinerja dan kesehatan tubuh. Penyakit kadar gula darah ini akan dikatakan terlalu tinggi jika melebihi angka 200 mg/Dl. Sehingga kondisi yang seperti ini terjadi apabila tubuh tidak mempunyai cukup insulin ataupun akibat resistensi insulin, maka hormon yang akan dilepas oleh pankreas. Insulin ini berfungsi untuk menyebarkan gula dalam darah ke selurug sel-sel tubuh agar dapat diproses menjadi energi. 

Berikut ini ada beberapa Pemicu Gula Darah Naik yang harus diwaspadai yaitu :
  • Kafein 
Penyakit gula darah yang dapat meningkat setelah mengkonsumsi kopi, bahkan kopi hitam yang sama sekali tidak mengandung kalori, karena adanya kafein. Bukan hanya itu saja, tetapi teh hitam, teh hijau, minuman energi yang lainnya juga dapat mengganggu kadar gula darah bagi penderita penyakit diabetes. Namun, setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda-beda, jadi sebaiknya Anda harus mengenali reaksi pada tubuh Anda terhadap dalam berbagai macam makanan dan juga aktivitas. Sebenarnya, dalam berbagai zat lain yang ada didalam kopi juga dapat membantu mencegah terjadinya diabetes tipe 2 pada orang yang sehat. 
  •  Stres
Adanya rada stres, tidak bahagia dan lelah juga dapat mempengaruhi kada gula darah akan naik. Apabila Anda sedang stres, tubuh akan melepaskan hormon yang dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula darah. Hal tersebut lebih sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2 dibandingkan dengan penderita diabetes tipe 1. Sehingga Anda harus belajar untuk melakukan yoga atau meditasi yaitu untuk mengurangi rasa stres Anda.
  • Kurang Tidur 
Kurang tidur juga memang dapat membuat badan terasa tidak nyaman, namun yang tidak banyak orang sadari yaitu apabila kurang tidur juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh dengan signifikan. Sebagai contoh, apabila Anda mengalami kurang tidur, maka sistem metabolisme yang ada dalam tubuh akan menjadi teganggu dan hal ini akan menyebabkan kadar gula darah naik dan melebihi batas normal. 
  • Karbohidrat
Apabila mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidarat yang terlalu banyak atau bentuk yang lain dari zat gula juga dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah. Tubuh terkadang tidak mampu mengolah karbohidrat yang terlalu banyak menjadi energi sehingga kadar gula darah dapat meningkat dalam hitungan jam. 
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang