vitoderyalvsNewcomervitoderyalvs 0 1 posts
Di-posting 11 Februari
Lounge

Kebiasaan Yang Selalu Terjadi Saat Perayaan Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek adalah salah satu perayaan bagi warga Tionghoa, termasuk yang ada di Indonesia. Tahun Baru Imlek juga telah masuk dalam deretan hari libur nasional, dan diisi dengan berbagai kegiatan. Seperti saling berkunjung, menyalakan petasan dan kembang api, bersembahyang ke kelenteng-kelenteng atau vihara, serta tentu saja makan bersama.

Karena telah dijadikan salah satu hari libur nasional yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, Tahun Baru Imlek diwarnai pula dengan hadirnya beragam promo Imlek, termasuk di berbagai toko online yang terpercaya dan ternama di Indonesia. Menjadikan perayaan hari besar ini makin meriah.

Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek
Bangsa Tionghoa dikenal sebagai masyarakat agraris, sama seperti di Indonesia. Itu sebabnya, sebagian besar dari mereka adalah petani maupun peladang. Tahun Baru Imlek pun disambut dengan gegap gempita dan penuh kegembiraan, karena sekaligus menandakan datangnya musim semi, saat mereka bisa kembali bercocok tanam setelah beberapa bulan sebelumnya harus mengalami musim gugur dan musim dingin.

Itu sebabnya, ucapan Gongxi Facai cukup populer saat Tahun Baru Imlek, yang artinya adalah "selamat dan semoga mendapatkan banyak rezeki".

Ada berbagai tradisi unik Tahun Baru Imlek yang dilakukan masyarakat Tionghoa. Sebagian dari tradisi ini mungkin sudah dikenal oleh masyarakat dari suku lainnya. Lalu, tradisi apa sajakah yang menarik tersebut?
Bersih-bersih rumah
Sebelum harinya tiba, sejumlah persiapan telah dilakukan. Juga menjadi tradisi yang tidak boleh terlewatkan.

Bersih-bersih rumah dilakukan menjelang Tahun Baru Imlek yang diharapkan sebagai perlambang kesiapan diri dan keluarga menjalani tahun yang baru. Selain itu, juga untuk menampung keberuntungan yang akan datang. Itu sebabnya masyarakat Tionghoa dilarang menyapu atau membersihkan rumah di hari Imlek karena dianggap sama saja dengan mengusir keberuntungan.
Angpau
Siapa yang tidak kenal dengan angpau? Berupa uang yang dibungkus amplop merah dengan beraneka motif dan hiasan, serta diberikan kepada anak-anak maupun mereka yang masih lajang.
Ketika Anda mendapatkan angpau di hari Imlek, bisa disimpan dan dijadikan tabungan, atau bisa juga digunakan untuk berbelanja promo imlek atau sekadar jajan. Ketika Tahun Baru Imlek tiba, anak-anak pun merasa sangat senang karena mendapatkan angpau dari orang tua dan kerabat mereka.

Petasan dan kembang api
Hal menarik lainnya dari Tahun Baru Imlek adalah petasan dan kembang api, bahkan menjadi salah satu ciri khas dalam perayaan Imlek. Suara gaduh dari petasan yang dinyalakan dianggap mampu mengusir hawa buruk atau kesialan. Di sisi lain, kembang api yang tampil cantik menjadi hiasan langit yang indah.

Warna merah
Hal menarik lainnya dari perayaan Tahun Baru Imlek adalah warna merah. Anda pasti akan melihat suasana berwarna merah pada saat perayaan ini, bukan? Merah dianggap sebagai warna keberuntungan, serta dikaitkan dengan legenda tentang sebuah monster yang muncul di malam pergantian tahun. Salah satu cara untuk menghalau monster tersebut adalah warna merah. Itulah mengapa Anda akan melihat nuansa merah saat perayaan Imlek.

Mengunjungi keluarga
Sama seperti halnya Lebaran bagi muslim dan suasana Natal bagi umat Kristen, warga Tionghoa juga mengunjungi kerabat dan saudara mereka saat Imlek tiba. Banyak orang Tionghoa yang pulang kampung menjelang Imlek, untuk mudik dan berkumpul kembali bersama keluarga mereka. Saat itu, mereka akan bercengkeraman, makan bersama, saling bertukar cerita, dan sebagainya.

Itulah beberapa tradisi menarik dalam Tahun Baru Imlek yang dijalankan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia maupun seluruh dunia.

Apa pun tradisinya, yang terpenting mungkin bagaimana Anda memaknai Tahun Baru Imlek untuk bersemangat dalam menjalani tahun yang akan datang, teriring doa dan harapan agar tahun yang baru menjadi lebih baik.

Selamat Tahun Baru Imlek, Gongxi facai!
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang