AISusi1107BeginnerAISusi1107 0 182 posts
Di-posting 8 Februari
Lounge

Inilah Pantangan Makanan Untuk Penyakit Crohn

Penyakit crohn merupakan peradangan yang akan terjadi pada usus kecil dan juga pada usus besar. Gejala penyakit crohn pada setiap orang ini dapat muncul dengan secara berbeda-beda, begitu pula dengan tingkat keparahannya. Ada beberapa orang melaporkan hanya mengalami gejala yang ringan saja, sementara yang lain akan mengungkapkan penyakit ini dapat melemahkan tubuh dan akan menghambat pada aktivitas. Penyakit Crohn ini dapat terjadi pada setiap golongan jenis kelamin dan juga usia, termasuk pada anak-anak. 

Namun, sebagian besar kasus yang terjadi pada orang-orang yang sudah berusia antara 16-30 tahun dan 60-80 tahun. Pada orang dewasa penyakit crohn ini akan lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan dengan seorang pria. Sementara pada anak-anak, akan lebih rentan pada anak laki-laki yang terkena penyakit ini dibandingkan anak perempuan.

Berikut ini ada beberapa Pantangan Makanan Untuk Penyakit Crohn diantaranya :
  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Kacang-kacangan merupakan sumber protein dan tinggi serat. Namun, bagi penderita penyakit crohn ini. Kacang-kacangan sulit untuk dicerna oleh tubuh sehingga dapat menyebabkan gejala penyakit crohn akan menjadi semakin parah.
  • Makanan Yang Berlemak
Bagi penderita penyakit crohn, apabila mnegkonsumsi makanan yang berlemak dapat memperparah gejala penyakit usus besar ini. Hal ini dikarenakan makanan berlemak tidak dapat diserap sempurna oleh usus kecil. Jika hal ini terjadi maka akan menimbulkan gejala seperti perut keram semakin meradang. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan berlemak seperti : makanan yang digoreng, makanan cepat saji, makanan bersantan, susu tinggi lemak, daging merah, daging kalengan dan yang lainnya.
  • Makanan Berserat
Meski serat sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, namun bagi penderita penyakit crohn ini disarankan untuk menghindari makanan tinggi serat. Hal ini karena kandungan serat pada penderita crohn yang dapat menyebabkan frekuensi diare meningkat. Oleh karenanya, Anda harus hindari makanan berserat.
  • Makanan Pedas
Pantanan makanan untuk penyakit crohn yang selanjutnya yaitu makanan pedas. Sehingga apabila Anda mengonsumsi sesuatu yang pedas dapat menyebabkan nyeri perut yang semakin meradang. Meski gejala ini akan menjadi berbeda-beda antara satu sama lain, ada baiknya Anda juga menghindari makanan pedas sebagai langkah pencegahan.
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang