DewifarhanahNoviceDewifarhanah 0 67 posts
Di-posting 2 Februari
Lounge

Simak Informasi Mengenai Penyebab Lutut Susah Ditekuk

Adanya lutut sangat berfungsi untuk menopang badan Anda baik saat berjalan, berlari, ataupun duduk dan berjongkok. Jika Anda mengalami masalah pada lutut, rasa nyerinya tentu akan memhambat segala pergerakan Anda. Apa saja yang bisa membuat lutut sakit saat beraktivitas.

Penyebab lutut sakit saat ditekuk

Jika Anda merasakan gejala lutut susah ditekuk, sebaiknya saat kaki sedang diluruskan maupun ditekuk seperti saat duduk atau berjongkok:

- Nyeri saat menekuk lutut.
- Kaki atau betis terasa lemas
- Lutut kaku saat melompat, jongkok, duduk, naik tangga.
- Terasa nyeri di bawah tempurung lutut saat sedang berdiri atau diam saja.

Selain itu ada juga penyebab lain lutut sakit 

Tidak hanya karena cedara dan penggunaan lutut yang berlebihan saat beraktivitas, penyebab lutu sakit masih ada banyak lagi yang bisa mengganggu aktivitas jika berdiri, duduk ataupun jongkon.

Penyebab lainnya dari lutut sakit adalah:

1. Osteoarthritis (pengapuran sendi). Kerusakan sendi lutut ini bisa disebabkan oleh proses penuaan alami, obesitas, trauma, atau faktor lainnya.
2. Bursitis: peradangan yang disebabkan oleh penggunaan lutut yang berulang-ulang hingga tulang rawan lutut rusak.
3. Kista baker: penumpukan cairan sinovial (cairan  yang melumasi sendi) di belakang lutut.
Dislokasi: pindahnya tempurung lutut akibat trauma

Sindrom yang nyeri patellofemoral juga bisa disebabkan oleh posisi tempurung lutut berada di luar di alur troklear (bantalan tempurung), sehingga mengakibatkan patela terdorong ke satu sisi jika lutut ditekuk. Kelainan ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan antara punggung patela dan troklea, dan mengiritasi jaringan lunak di sekitarnya.

Lantas Bagimana Cara Mengobatinya?

1. Mengompres dengan es batu ialah langkah pertama meredakan nyeri pada lutut. Namun jangan lupa membungkus es batu dengan handuk dan tidak langsung terkena kulit untuk mengatasi nyeri yang Anda alami.

2. Jika Anda gemar berlari atau mendaki gunung, kurangi kebiasaan tersebut. Sebab aktivitas tertentu memang mudah membuat lutut terluka dan mengalami nyeri.

3. Periksa sepatu yang Anda pakai. Apakah hak, bahan, atau ukurannya sudah sesuai? Pasalnya alas kaki juga ikut berperan memicu nyeri pada lutut.

4. Kalau ada perbedaan panjang pada kaki, segera konsultasikan masalah tersebut pada dokter. Panjang kaki memang sebaiknya harus proporsional demi menghindari cedera maupun rasa nyeri.

5. Anda sebaiknya juga sering-sering melakukan olahraga dengan cara merenggangkan kedua kaki selebar-lebarnya. Aktivitas tersebut membuat otot kaki lebih fleksibel dan mengurangi risiko nyeri lutut.

Sumber : http://t.co/5JUlyAsNSM
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang