AISusi1107BeginnerAISusi1107 0 182 posts
Di-posting 30 Januari
Lounge

Inilah Ada Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Penyakit diabetes melitus merupakan gangguan kesehatan yang akan memengaruhi pada kerja tubuh yang ada dalam menggunakan gula sebagai sumber energi. Diabetes merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan berkaitan dengan berbagai macam komplikasi mulai dari penyakit jantung, gangguan ginjal, gangguan sistem syaraf dan kebutaan. Penyebab diabetes melitus berbeda-beda sesuai dengan jenis diabetesnya. Dengan mengetahui faktor penyebab dari masing-masing jenis diabetes melitus, maka Anda dapat melakukan pencegahan untuk menghindari penyakit ini.

Dibawah ini ada beberapa Penyebab Penyakit Diabetes Melitus diantaranya :
  • Obesitas
Kegemukan atau obesitas ini menjadi penyebab penyakit diabetes tipe 2. Bagaimana kegemukan dapat menjadi penyebab diabetes? Lemak yang menumpuk dalam tubuh dapat mengakibatkan resistensi insulin, yakni kodnisi dimana insulin kurang akan menjadi sensitif sehingga tidak dapat berfungsi lagi dengan baik dalam mengatur kadar gula darah. Terutama timbunan lemak yang ada di perut ini akan ditandai dengan lingkar pinggang yang melebihi batas normal yaitu ≥80 cm untuk wanita atau ≥90 cm untuk pria, merupakan faktor penyebab diabetes yang penting diperhatikan.
  • Faktor Usia
Percaya atau tidak, resiko dari penyakit diabetes tipe 2 ini akan semakin meningkat jika seiring dengan bertambahnya usia. Semakin tua usia seseorang maka berat badanya akan cenderung bertambah dan kebiasaan olahraga pun akan menjadi berkurang. Sehingga faktor inilah yang dapat memicu lebih tingginya resiko penyakit diabetes melitus tipe 2 dengan seiring bertambahnya usia. Penderita diabetes tipe 2 ini pada umumnya akan dialami oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas. 
  • Faktor Lingkungan
Akibat dari faktor lingkungan yang diduga berperan sebagai penyebab diabetes tipe 1 ini yaitu infeksi virus. Karena infeksi virus ini merupakan salah satu faktor yang diduga akan memicu gangguan sistem kekebalan tubuh dan kemudian dapat menganggu fungsi pankreas pada penderita diabetes tipe 1. 
  • Gaya Hidup
Pola hidup yang tidak sehat juga dapat memicu resiko penyakit diabetes tipe 2. Pola makanan yang tidak sehat seperti konsumsi gula, lemak dan kalori yang tinggi juga dapat mengakibtakan obesitas dan diabetes tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi minuman manis tinggi gula ternyata memiliki resiko diabetes yang lebih tinggi. Apalagi, jika pola makannya tidak sehat dan didukung dengan kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, atau tidak pernah berolahraga. 
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang