AISusi1107BeginnerAISusi1107 0 182 posts
Di-posting 28 Januari
Lounge

Inilah Ciri Ciri Penyakit Demam Berdarah dan Pencegahannya

Di musim hujan yang seperti sekarang ini suka terjadi penyakit demam berdarah menjadi salah satu populer dan harus Anda waspadai, karena penyakit demam berdarah ini disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Demam berdarah sering membuat sendi terasa nyeri dan otot dimana tulang akan terasa retak. Penyakit demam berdarah ringan sering mengakibatkan demam yang sangat tinggi, ruam serta nyeri pada otot dan sendi. Sedangkan demam yang berdarah parah bisa mengakibatkan pendarahan yang sangat serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock) hingga kematian.

Demam berdarah yaitu penyakit yang di sebabkan oleh infeksi virus dengue yang di tularkan kepada manusia melalui nyamuk Aedes aegypti. Demam berdarah (DBD) bisa membuat trombosit atau sel darah putih yang ada di tubuh Anda akan turun secara drastis, dan akan membuat perdarahan internal yang akan bisa merusak organ atau sel jaringan tubuh sehat, penyakit demam dengue yang di kenal secara umum oleh semua masyarakat Indonesia sebagai demam berdarah yaitu penyakit yang dapat membuat suhu tubuh penderita akan menjadi sangat tinggi dan pada umumnya akan di sertai dengan sakit kepala, nyeri sendi, otot, serta tulang dan akan sakit di bagian belakang mata. 

Dibawah ini ada ciri ciri penyakit demam berdarah yaitu : 
  • Demam Tinggi
Salah satu gejala demam berdarah yang umunya yaitu demam tinggi. Apabila kamu mengalami demam berdarah kamu akan mengalami demam yang tinggi sebagai indikasi masuknya virus kedalam tubuh penderita. Demam itu sendiri merupakan salah satu mekanisme pertahanan atau kekebalan tubuh pada saat tubuh Anda sedang melakukan perlawanan terhadap infeksi pathogen. 
  • Sakit Kepala
Salah satu ciri ciri penyakit demam berdarah yaitu orang tersebut akan mengalami sakit kepala. Walaupun sakit kepala belum tentu penyakit demam berdarah namun hal tersebut harus perlu diwaspadai. Sakit kepala pada penderita demam berdarah baisanya akan terasa berat, akan terjadi secara terus menerus pada infeksi dengue. 
  • Mual Dan Muntah
Ciri ciri penyakit demam berdarah yaitu orang tersebut akan mengalami mual dan muntah. Tubuh Anda akan merasakan mual dan muntah karena adanya infeksi virus dengue dalam istilah emdis disebut nausea. Pada saat virus DBD menyerang tubuh lambung dengan secara otomatis maka akan memproduksi lebih banyak asam lambung sebgaai bentuk respon terhadap kekebalan tubuh. Pada saat naiknya asam lambung akan mengakibatkan mual dan muntah dengan secara terus menerus. 

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

Mengingat nyamuk demam berdarah ini sangat berbahaya sekali, maka perlu dilakukan untuk pencegahan perkembangbiakan nyamuk ini. Hal ini bisa dilakukan dengan cara:
  • Harus membersihkan penampungan air yang ada di dalam dan di luar rumah minimal seminggu sekali
  • Buang barang-barang yang sudah tidak terpakai
  • Gunakan kasa nyamuk untuk menghalangi nyamuk masuk ke dalam kamar
  • Taburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan
  • Gunakan salep antinyamuk atau gunakan pakaian lengan panjang jika perlu
  • Menanam tumbuhan antinyamuk seperti serai, lavender dan seledri untuk mengusir nyamuk
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang