DewifarhanahNoviceDewifarhanah 0 67 posts
Di-posting 26 Januari
Lounge

Waspada! Inilah Penyebab Kaki Bengkak

Sekilas Informasi Mengenai Telapak Kaki Bengkak

Adanya pembengkakan pada kaku membuat kita sulit beraktivitas. Namun Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya yang menghindari terganggunya aktifitas Anda.

Menurut dalam ilmu medis, kaki bengkak biasanya disebabkan oleh edema atau adanya penumpukan cairan pada tubuh, tepatnya di kaki. Pembengkakan pada kaki dipengaruhi oleh kondisi kesehatan seseorang. Penderita penyakit ginjal dan jantung umumnya akan mengalami pembengkakan kaki.

Penyebab Telapak Kaki Bengkak

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan kaki bengkak diantaranya :

1. Cedera. 

Pembengkakan pada kaki bisa terjadi karena cedera pada kaki dan pergelangan kaki. Jika pergelangan kaki cedera atau salah melangkah, ligamen (sebuah pita fleksibel yang menghubungkan tulang dengan tulang) akan merenggang melampaui batas normal. Hal ini akan menyebabkan kaki bengkak.

2. Pembekuan darah

Pembekuan darah di pembuluh darah pada kaki akan mengakibatkan aliran darah dari kaki ke jantung terhambat. Penumpukan darah beku bisa memicu kaki bengkak.

3. Infeksi

Adanya kaki bengkak diakibatkan infeksi  lebih sering dialami oleh penderita diabetes dan yang memiliki masalah saraf pada kaki. Jadi, jika Anda menderita penyakit tersebut, Anda perlu benar-benar memerhatikan kondisi kaki, paling utama terjadi lecet dan luka.

4. Mengidap penyakit

Kaki bengkak dapat mengindikasi bahwa seseorang menderita seperti penyakit ginjal, jantung atau hati. Jika ginjal terganggu atau tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, cairan dapat menumpuk di kaki yang mengakibatkan pembengkakan.

5. Efek samping obat

Ada beberapa obat bisa menyebabkan kaki bengkak di antaranya obat diabetes, obat antiinflamasi non-steroid, obat antidepresan, obat steroid, obat untuk tekanan darah, dan penggunaan alat kontrasepsi oral.

Cara Mengetasi Kaki Bengkak

Ada beberapa tips cara mengatasi kaki bengkak yang mudah bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko terjadinya pembengkakan pada kaki ialah :

- Anda bisa berbaring lalu angkat kaki ke atas.
- Kurangi asupan garam.
- Gunakan stoking kompresi.
- Hindari terlalu lama berdiri.
- Lakukan olahraga ringan yang menggerakkan kaki.
- Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat, terutama - pada bagian paha
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang