lastabuminNewcomerlastabumin 0 1 posts
Di-posting 22 Januari
Idea Center

Kebutuhan Vitamin Untuk Anak

Bermunculan suplemen dan vitamin untuk anak, dengan beragam variasi bentuk yang lucu-lucu, warna yang menarik juga bahan-bahan yang di usung. Kebanyakan berupa madu anak, tablet dan sirup vitamin. Dengan beragam rasa yang bervariasi agar si anak suka untuk mengkonsumsi.


Vitamin di Dapat dari Makanan

Sejatinya makanan merupakan sumber zat gizi makro maupun zat gizi mikro yang terbaik untuk anak-anak, dan tidak membutuhkan suplemen atau vitamin tambahan. Dalam satu jenis makanan tidak hanya memiliki satu kandungan gizi , mineral, dan vitamin namun dapat mengandung beragam gizi, mineral, dan vitamin.

Contoh :

  • Susu : Mengandung berbagai jenis zat gizi seperti kalsium, fosfor, vitamin D, dan protein sekaligus.
  • Sayuran Hijau : Mengandung berbagai jenis vitamin, mineral, dan serat.
  • Daging : Mengandung protein dan juga banyak mengandung zat besi, seng, dan berbagai mineral serta vitamin lainnya.

Kondisi Anak yang Membutuhkan Suplemen Tambahan

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan anak membutuhkan suplemen dan vitamin tambahan diluar makanan yang biasa dikonsumsi harian. Beberapa kondisi tersebut antara lain :

  1. Anak yang mengalami beberapa penyakit dan kondisi kekurangan zat gizi lainnya.
  2. Anak yang susah makan dan asupan makananya sangat rendah
  3. Anak yang sedang mengalami kondisi tertentu dan menjalani diet tertentu

Vitamin yang Dibutuh Anak

Umumnya ada beberapa vitamin dan zat yang dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhan, antara lain :


  • Vitamin A — Berfungsi untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan anak, penting dalam memperbaiki jaringan dan tulang yang rusak, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan indra penglihatan.
  • Vitamin B — Turunan vitamin B antara lain B2, B3, B6, dan B12 merupakan vitamin yang berperan dalam metabolisme dan produksi energi dalam tubuh. Selain itu sangat baik untuk kesehatan jantung anak.
  • Vitamin C — Berfungsi menjaga kesehatan otot, jaringan ikat, dan kulit.
  • Vitamin D — berperan dalam penyerapan kalsium dalam tubuh dan menjaga kadarnya normal. Sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.
  • Kalsium — Membantu penguatan tulang saat dalam masa pertumbuhan.
  • Zat Besi — Berfungsi dalam membangun otot dan menjadi salah satu kandungan hemoglobin. Kekurangan zat besi dapat berpengaruh besar pada kesehatan anak.

Maka dari itu lengkapilah dan cukupi kebutuhan vitamin dan gizi anak anda saat dalam masa pertumbuhan, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak di tahap selanjutnya.


Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang