DewifarhanahNoviceDewifarhanah 0 67 posts
Di-posting 12 Januari
Lounge

Waspada Inilah Penyebab & Gejala Kista Payudara

Bagi wanita mendengar penyakit kista payudara tentu saja mekhawatirkan bukan? Bukan itu saja penampilan dan kenyamanan Anda akan terganggu. Kista payudara merupakan sebuah pertumbuhan sel-sel abrnormal yang berada di jaringan payuara dimana berbentuk cairan hingga memberikan efek rasa sakit pada payudara. 

Penyakit kista payudara adalah bentuk reaksi dari naik turunnya aliran hormon dari bulan ke bulan, tahun ke tahun hingga tumbuh jaringan berserat mirip bekas luka yang mengikat cairan tubuh. Kista berbentuk benjolan bulat atau oval, menyerupai balon yang berisi air. Benjolan ini bisa terbentuk dalam ukuran kecil atau bahkan besar sekalipun, dengan diameter sekitar 1 sampai 2 inci (2.5 sampai 5cm).

Penyebab Kista Payudara 

Menurut para ahli mengatakan bahwa penyebab kista payudara sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa yang mengatakan kista payudara disebabkan karena kelebihan hormon estrigen.

Gejala Kista Payudara

1. Merasakan nyeri tumpul dan berat
2. Nyeri payudara saat menstruasi dan menghilang setelah menstruasi
3. Payudara terasa penuh
4. Terdapat benjolan yang padat dan bentuknya tidak teratur
5. Merasakan sakit pada payudara yang tidak hilang-hilang atau timbul

Jika Anda atau orang terdekat Anda mengalami gejala seperti yang di sebutkan diatas, maka cepat- cepat lah di lakukan penanganan. 

Cara mengatasi kista secara alami tanpa operasi 

-  Kompres dengan beras hangat

Hangatkan kaus kaki di atas microwave atau panci. Tempatkan kompres beras ke payudara yang terasa sakit untuk menghilangkannya.

- Memakai bra yang tepat

Anda memilih bra yang tepat akan memberi dukungan pada jaringan dan mengurangi ketidaknyamanan. Studi telah menunjukkan, memakai ukuran bra yang tepat dapat mencegah serabut saraf dari peregangan lebih lanjut.
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang