AISusi1107BeginnerAISusi1107 0 182 posts
Di-posting 10 Januari
Lounge

Inilah Penyebab Penyakit Keratitis

Penyakit keratitis adalah peradangan atau inflamasi yang terjadi pada kornea mata. Akibat dari cedera mata atau adanya infeksi itu merupakan penyebab utama penyakit keratitis. Jika Anda membiarkan dengan begitu saja atau tidak ditangani secara benar, keratitis yang berkembang semakin parah serta dapat memicu berbagai komplikasi. Beberapa komplikasi tersebut meliputi peradangan kornea kambuhan atau kronis, pembengkakan dan pembentukan jaringan parut pada kornea, luka pada kornea, penurunan kemampuan melihat sementara atau permanen, serta kebutaan.

Dibawah ini ada beberapa penyebab penyakit keratitis diantarnya yaitu :
  • Daya Tahan Tubuh Akan Menurun
Daya tahan tubuh yang menurun itu dapat disebabkan oleh adanya penyakit atau adanya efek samping dari obat. Sebagai contoh dari penggunaan obat tetes mata yang mengandung steroid ini akan terus menerus dapat menurunkan pada sistem imun di daerah mata, sehingga mudah terjadi infeksi.
  • Trauma
Nah, apabila salah satu atau kedua kornea tergores atau bahkan tertusuk oleh benda yang asing, maka dapat menyebabkan keratitis tanpa disertai dengan infeksi. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan apabila luka yang ada pada korena tersebut dapat menjadi jalan masuknya bakteri atau jamur sehingga akan terjadi kerartitis infeksius. 
  • Suhu Yang Lembab
Karena pada permukaan kornea akan menjadi cenderung lebih kering dibandingkan dengan kondisi yang normal.
  • Lensa Kontak Yang Terkontaminasi
Pada lensa kontak ataupun pad akotak penyimpanan lensa kontak itu dapat terkontaminasi oleh bakteri, jamur atau parasit. Kornea secara tidak sengaja akan ikut terkontaminasi apabila lensa kontak digunakan sehingga akan terjadi penyakit keratitis. 
  • Bakteri
Keratitis bakteri biasanya tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan akan bersamaan dengan faktor yang lain. Sehingga penggunaan lensa kontak yang tidak bersih, adanya luka pada kornea, bahkan penggunaan make up di sekitar mata seperti eyeliner, eyeshadow, atau pemakaian bulu mata palsu.
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang