DewifarhanahNewcomerDewifarhanah 0 29 posts
Di-posting 9 Januari
Lounge

Kenali Inilah Penyebab Telinga Bernanah

Penyakit telinga bernanah adalah penyakit yang banyak di derita atau dinegara Indonesia, penyakit yang satu ini biasanya dibawa hingga dewasa bila tidak  di atasi sejak dini. Penyakit tersebut bisa timbul akibat adanya infeksi yang terjadi pada bagian telinga luar maupun dalam.

Penyakit telinga yang bernanah adalah salah satu jenis penyakit peradangan yang terjadi pada telinga bagian dalam yang bisa berakibat rusaknya gendang telinga penderita. Salah satu dampak yang bisa di timbulkan dari penyakit yang satu ini ialah bau tidak sedap karena adanya cairan yang keluar sehingga menurunkan rasa percaya diri penderita jika bergaul di masyarakat.

Penyebab Telinga Bernanah

- Menyelam, adanya kebiasaan menyelam juga bisa mengakibatkan robeknya gendang telinga yang disebabkan oleh adanya perubahan tekanan udara yang terlalu besar.
- Adanya infeksi atau peradangan pada lubang telinga, sehingga bisa mengakibatkan kuman masuk dari lubang telinga bagian luar.
- Kebiasaan membersihkan telinga dengan menggunakan cotton buds (korek kuping) yang terlalu sering dan terlalu dalam, sehingga bisa mengakibatkan lubang telinga mengalami luka dan yang paling berbahaya ialah bisa berakibat pada robeknya gendang telinga.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Rasa sakit di telinga tidak perlu langsung ditangani di rumah sakit. Anda bisa mengatasinya dengan mudah dilakukan diantaranya :

- Kompres air hangat di bagian luar telinga untuk membantu meredakan rasa sakit. Tapi lakukan dengan hati-hati, jangan sampai ada air hangat yang menetes dan masuk ke saluran telinga.
- Minyak zaitun juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Beberapa tetes saja pada tiap lubang telinga dapat meredakan rasa sakit.
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang