nikiphoneNovicenikiphone 8 85 posts
Di-posting Oktober 2018
Blackberry

BlackBerry Aurora: Ponsel Android BlackBerry dengan harga terjangkau sekarang ini

BlackBerry Aurora dirilis PT. BB Merah Putih tahun 2017, harga perdannya waktu itu Rp3,5 jutaan. Kini harganya turun drastis, sampai di bawah Rp2 juta.

Dari sisi desain lumayan oke, meski bahan casing belakang terbuat dari plastik. Kemudian cara buka casing belakang seperti ponsel Android tahun 2011-an atau ponsel Java. Di dalamnya akan terlihat baterai yang menempel, atasnya terdapat slot SIM 1 di kanan dan SIM 2 di kiri, lalu ada slot microSD. Dalam paket penjualannya ada charger berikut kabelnya, headset, ponsel, kitab-kitab sampai kartu perdana 4G Smartfren. 

Untuk layar 5,5 inci sisi kiri dan kanannya agak sedikit seperti menekuk (2,5D). Bagian belakangnya nyaman digenggam, terdapat logo BlackBerry di tengah, untuk layarnya tampil full display tanpa tombol apapun di layar. Menu back, home, multitasking, hanya tersedia capacitive.

Layarnya cukup terang dan tampilan gambar cukup bagus meski resolusi 720p. Yang menariknya memori internal 32 GB, RAM 4 GB. Performa pondel juga bagus, jarang ada kendala lag. Kemudian untuk BlackBerry keyboard, mungkin bisa disebut salah satu keyboard terbaik, performa ketikan lancar, tanpa lag, suggestion word nya juga bagus buat mengetik kalimat.

Sistem operasi bawaan Android Nougat 7.0 bisa di update ke 7.1.2. Performa internal, instal aplikasi, main game, sudah bagus (game berat tidak akan cocok mengingat prosesornya masih Snapdragon 430).

Untuk penggunaan sehari-hari, chat, sosial media, telepon, email, BlackBerry Aurora bisa diandalkan. Paling menariknya adalah BBM jadi aplikasi bawaan (meski kalah populer dengan WhatsApp) dan email bawaan serta integrasinya di BlackBerry Hub. Untuk email saya rasa di BlackBerry Aurora ini sangat cepat terima notifikasi. Ini jadi salah satu kelebihannya. 

Mengenai baterai yang berkapasitas 3.000 mAh ternyata awet, dalam sehari saja penggunaan saya biasanya 2 kali charge.

Meski ponsel Android teraman dengan dukungan 4G LTE ini bagus, semua ponsel ada kekurangannya. Menurut saya kekurangannya di antaranya:
1. Tidak ada NFC
2. Tidak bisa menampilkan persentase baterai. Jadi untuk tahu baterai sisa berapa pengguna harus tarik notifikasi bar atas ke bawah
3. Tidak ada double tap to wake up
4. Dukungan update sistem payah
5. Belum dukung fast charging 

Bagi yang suka ponsel BlackBerry Android murah dengan keamanan yang bagus, Aurora bisa jadi pilihan.

Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang