hagunsaNewcomerhagunsa 0 4 posts
Di-posting 10 Oktober
Otomotif

Cara Membeli Motor Bekas Supaya Tidak Tertipu

Berbagai macam penipuan dan pengelapan dana pada proses pembelian motor bekas menjadikan kita harus selalu waspada dan berhati hati sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas yang berkualitas dan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Untuk membantu dalam proses pemilihan tersebut, berikut cara memilih motor bekas berkualitas yang harus diperhatikan dan dijalankan sebagai salah satu upaya dan cara membeli motor bekas agar tidak tertipu . tips ini terinspirasi dari salah satu artikel di website motoraja. motoraja adalah website yang membahas seputar motor baik itu perawatan hingga review motor terbaru

Perhatikan legalitas sepeda motor. 
Sebagai langkah awal pengecekan terhadap sepeda motor yang akan anda beli,  lakukan pemeriksaan legalitas motor bekas tersebut yang berupa kelengkapan surat. Kelengkapan surat merupakan salah satu hal yang wajib lebih dulu dilihat atau diperiksa dibandingkan kondisi fisik motor. Kelengkapan surat yang wajib dimiliki oleh sepeda motor adalah surat tanda nomor kendaraaan bermotor atau STNK dan bukti kepemilikan kendaraan bermotor atau BPKB.

Sesuaikan informasi yang ada dengan kondisi motor seperti plat nomor, warna, nomor rangka, nomor mesin, pemilik, termasuk kapasitas mesin, dan pajak kendaraaan. Untuk meningkatkan keyakinan, jangan segan segan untuk menanyakan legalitas surat tersebut kepada kantor samsat terdekat.

Lakukan pemeriksaan body sepeda motor.
Jika anda sudah mendapatkan motor bekas yang akan dibeli, cara memilih motor bekas berkualitas selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan kondisi luar motor atau body motor tersebut. Bagi sebagian besar motor bekas, semakin sedikitnya goresan dan kerusakan pada body motor maka bisa diperkirakan bahwa motor dirawat dan digunakan dengan baik. Pemeriksaan body motor ini dilakukan sebelum memeriksan mesin motor melalui cara mengecek mesin motor bekas yang benar. baca juga tips memilih motor bekas paling jitu

Periksa kondisi mesin.
Langkah selanjutnya yang harus dilakukan sebagai salah satu cara memilih motor bekas berkualitas adalah dengan melakukan pemeriksaan kondisi mesin motor melalui pengecekan segala fungsi dan fitur mesin yang ada pada motor apakah berfungsi dengan baik mulai dari stater elektrik dan manual, gas, oli, dan komponen komponen mesin lainnya. salah satu cara mengecek mesin motor adalah dengan mencoba mengegasnya sampai penuh dan kemudian mengurangi gas secara langsung, apabila motor tidak mati maka kondisi mesin cukup baik. Selain itu cobalah untuk mengecek apakah ada kebocoran kebocoran oli yang tersisa pada bagian luar mesi motor.
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang