AyudyaadminAyudya 239 577 posts
Di-edit pada August 2018
Lounge

[ #JadiBisaUpdateAsianGames ] - Fakta Unik Selama Berlangsungnya Asian Games 2018

Perhelatan akbar olahraga terbesar se-Asia kini tengah berlangsung di Indonesia. Sejumlah momen menarik dan unik hingga terciptanya sejarah-sejarah baru ada di sini.


Bahkan saat pembukaan Asian Games 2018 yang berlangsung pada (18/8), terdapat banyak teaterikal yang memukau jutaan pasang mata baik yang hadir langsung di stadion maupun di rumah. Tercatat ada 50ribu orang yang hadir dan memadati kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

 

Uniknya, beberapa jam sebelum pagelaran dimulai, seluruh tamu-tamu negara dijamu makan sore bersama di salah satu hotel bilangan Senayan, Jakarta dan disuguhkan hidangan makanan dan minuman khas Tanah Air, salah satunya yakni bir pletok.

Penasaran apa lagi hal unik lainnya yang sudah tercipta selama berjalannya Asian Games 2018 di hari kesembilan ini? Berikut ulasannya.


1.  Hidangan Unik Khas Tanah Air

Sebelum memasuki arena SUGBK pada Sabtu (18/8), para tamu undangan dijamu makan sore bersama di salah satu hotel bilangan Senayan, Jakarta dan disuguhkan hidangan makanan dan minuman khas Tanah Air, salah satunya yang unik adalah bir pletok.

 

Minuman khas Betawi ini bukan merupakan bir yang menggunakan alkohol seperti yang dijual di klub malam. Bir pletok adalah minuman penghangat yang diracik dari jahe, kayu manis, serai, dan kayu secang yang merupakan bahan dasar pembuat bir pletok.


2. Panggung Terbesar Dalam Sejarah Pembukaan Olahraga Multievent

Opening Ceremony Asian Games 2018 menampilkan panggung terbesar yang pernah ada dalam upacara pembukaan pertandingan olahraga multievent.

 

Panggung seberat 600 ton dengan panjang 120 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter itu adalah yang menjadi latar ketika 6.000 atlet dan ofisial dari seluruh kontingen berparade di bawah bendera kebanggaan negaranya.

 

3.  Cabang Olahraga Unik Yang Masih Asing Di Telinga

Dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018, terdapat 10 cabang baru yang mungkin beberapa masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia.

 

Dari 10 cabang olahraga tersebut, ada beberapa yang unik yang dilombakan untuk pertama kalinya, seperti Bridge, permainan kartu yang mengasah otak; Paralayang, sebuah olahraga terbang bebas dengan menggunakan parasut yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kompetisi.

 

Rollersport, merupakan salah satu jenis olahraga ekstrem dan baru pertama kali dipertandingkan di Asian Games 2018. Cabor ini terdiri dari skateboarding dan rollerskate (sepatu roda). Kemudian masih ada lagi seperti Kurash, Sambo, Panjat Tebing, Pencak Silat, Jiu Jitsu, Basket 3 x 3, dan Esports.

 

Cabor Esports menjadi salah satu yang terbilang unik, kenapa? Dalam perhelatan Asian Games 2018, untuk pertama kalinya eSports diikutsertakan sebagai pertandingan eksebisi atau cabang olahraga yang merebutkan medali, namun tak akan masuk ke dalam hitungan kontingen pemenang.

 

4.  Brunei Darussalam Jumlah Atlet Paling Sedikit

Asian Games 2018 diikuti oleh 45 negara dengan 11.478 atlet pada 40 cabang olahraga. Uniknya, Indonesia sebagai tuan rumah adalah negara peserta dengan jumlah atlet paling banyak yakni total 935 atlet. Indonesia juga turun penuh pada atletik dengan total 58 atlet dan cabang kano-kayak sebanyak 41 atlet.

Sementara itu, Brunei Darussalam merupakan negara peserta dengan jumlah kontingen paling sedikit yakni 15 atlet.

 

5.  Seorang Bayi Dinamai Asian Games

Seorang bayi di Palembang, Sumatera Selatan, lahir bertepatan dengan hari pembukaan Asian Games 2018. Kelahiran ini pun sontak menjadi perhatian publik. Bukan karena tanggal kelahirannya yang cantik dan bertepatan dengan pembukaan Asian Games, melainkan karena anak keempat dari pasangan Yordania dan Veranova ini dinamai Adibah Asian Games.


 6.  Penampilan Unik Suporter Thailand

Suporter setia pasti akan mendukung di manapun negaranya berlaga. Itulah yang dilakukan oleh para suporter Negeri Gajah Putih, Thailand. Tetapi, tidak hanya datang ke lokasi pertandingan dan memberikan semangat, suporter Thailand pun turut memeriahkan Asian Games 2018 dengan kostum yang cukup unik.

 

7.  Pudarkan Paceklik Emas Yang Melanda Indonesia

Tren paceklik emas yang sempat melanda Indonesia sejak tahun 2002 hingga 2014 mulai memudar. Hal itu ditandai dengan suksesnya Indonesia menyabet sepuluh medali emas, terhitung hingga hari Sabtu (25/8).

 

8.  Hanya Dengan Rp10 ribu, Masyarakat Bisa Menyaksikan Pertandingan Asian Games 2018 Di SUGBK, Jakarta

Harga tiket festival mengalami penurunan. Semula dari Rp25 ribu menjadi Rp10 ribu. Tiket kelas festival sendiri adalah pass masuk kompleks GBK, dan bukan ke gedung tempat pertandingan. Kelas festival juga menyediakan fasilitas bagi penonton yang kehabisan tiket pertandingan.

 

9.  Aksi Terpuji Suporter Asal Jepang

Di balik kemeriahan opening ceremony Asian Games 2018, ada satu hal unik yang berhasil menampar masyarakat Indonesia. Aksi suporter asal Jepang yang tanpa disadari tengah memunguti satu demi satu sampah puntung rokok di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Aksi terpuji itu sempat tertangkap kamera dan viral di media sosial.

 

10.  Penjualan Souvenir Mencapai Angka 3.000 Item per Hari.

Toko resmi penjualan souvenir Asian Games yang terletak di Gelora Bung Karno (GBK) ramai dikunjungi penonton, atlet, ofisial hingga wartawan. Bahkan calon pembeli yang menginginkan souvenir tersebut harus rela menanti giliran masuk yang rata-rata waktu tunggunya 30-40 menit. Total penjualannya pun di luar ekspektasi, yakni sekitar 1.500 hingga 3.000 item per hari.


Ahmad_gmw
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang