AyudyaadminAyudya 19 110 posts
Di-edit pada April 16
Promo & Event

Berbagi kisah #JadiInspirasi di Hari Kartini


 

R.A Kartini adalah seorang wanita yang bukan keturunan bangsawan, melainkan hanya rakyat biasa. Namun, beliau dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita indonesia kala ia hidup. R.A Kartini lahir di Jepara, 21 April 1879, dan pada tanggal kelahirannya yang kemudian diperingati sebagai Hari Kartini, dalam rangka untuk menghormati jasa RA Kartini pada bangsa Indonesia.

 

Dalam memperingati Hari Kartini ini, yuk share tokoh inspirasi kamu dan sebutkan hal apa yang akan kamu lakukan jika menjadi seorang Kartini di era saat ini, lalu berikan judul untuk cerita kamu ini ya guys!

 

Cara ikutan:

1.  Sebelum share cerita, pastikan profile di myXL Forum kamu sudah terverifikasi semua

2.  Share ceritamu cukup di kolom komentar thread ini (Reply comment)

3.  Cerita minimal 1 paragraf dan maks 3 paragraf

4.  Beri judul untuk cerita kamu

5.  Follow Twitter dan Instagram @xlaxiata_tbk

6.  Tweet judul cerita kamu beserta link http://bit.ly/JadiInspirasi , dan jangan lupa gunakan hashtag #JadiInspirasi

 

Periode program : 16 – 27 April 2018.


Syarat & Ketentuan :

  • Peserta adalah member myXL Forum.
  • Judul dan cerita harus original dan dengan tata bahasa yang tidak mengandung SARA.
  • Pemenang akan diumumkan pada tanggal 30 April 2018.
  • Keputusan pemilihan pemenang bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
  • Bagi para pemenang, harus mengisi data untuk proses pengiriman hadiah (Nama, No XL, Alamat lengkap, foto copy KTP) dan dikirimkan ke @Ayudya ( ayudyar@xl.co.id ).
  • Proses pengiriman hadiah estimasi 7x24 jam.

 

Hadiah:

  • Juara 1 (1 orang pemenang)
    Samsung GALAXY J5 Prime
  • Juara 2 (1 orang pemenang)
    MiFi XLGO
  • Juara 3 (3 orang pemenang)
    XL Tunai masing-masing @Rp 150.000


AYO Share Cerita Kamu dan DAPATKAN HADIAHNYA !


alkathiraafuadAyuupratwisachrilarocktinininaafirnaaudazaschkya25hari2anwarWiwi_erifSeptian88
  • afisan888Newcomerafisan888 1 1 posts
    Di-posting 16 April
    Kasih Sayang Ibu tanpa status.

        Nama saya Atim Fitri Santoso. Di hari Kartini tanggal 21 April 2018, saya dedikasikan kepada Ibu Angkat saya. Saya punya keluarga angkat yg kebetulan mereka ada di Kota Samarinda. Saya sangat bangga dan hormat kepada beliau. Karna apa, karna beliau tidak pernah memandang saya sebagai anak angkat. Melainkan tetep sebagai layaknya anak kandung.
         Hal yg saya pelajari dari beliau adalah bahwa kasih sayang seorang Ibu itu tidak pernah berdasar pada status, kandung atau tiri. Tetapi berdasar dari hati. Walaupun kedua Orang tua saya sudah meninggal, tetapi Ibu angkat saya selalu dekat dengan saya. Sampai saat ini pun. Selamat hari Kartini, semoga tetap menjadi seorang Ibu dan selalu menjadi Ibuku.
    sachrilarock
  • UliantirNewcomerUliantir 1 1 posts
    Di-posting 17 April
    SI KECIL CABE RAWIT


    Mungkin itu ungkapan yang tepat ditujukan kepada orang ini. Dengan badannya yang tidak terlalu besar, Ia disegani & mampu memimpin banyak orang. Dialah Joko Widodo, Presiden RI, Inspirasiku.

    Seorang yang ulet, tekun bekerja juga humoris. Gayanya pun sangat sederhana, dan itu yang buat dia keren, apalagi hobi musiknya yang beda dari Presiden lainnya, musik rock!

    Ada yang memuji hasil kerjanya, namun ada pula yang mencibir. Akan tetapi dia tak pernah perduli. Dia kerahkan seluruh kemampuan dan membuktikan kepada rakyatnya bahwa Ia akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

    Terima kasih Pak Jokowi. Semoga Tuhan selalu memberi kesehatan, perlindungan dan kebahagiaan untuk mu.

    sachrilarock
  • AyuupratwiNewcomerAyuupratwi 1 1 posts
    Di-posting 17 April
    Keluarga Adalah Rumah yang Sebenarnya

    Saya mahasiswi usia 20thn, saya dulu seorang pengidap penyakit epilepsi sejak usia 10thn. Awalnya saya tidak mengerti apa yang terjadi pada diri saya, karena saat itu keluarga tidak memberitahu penyakit apa yang saya derita, mereka hanya mengatakan jika saya kelelahan akan membuat saya pingsan. 

    Tetapi lambat laun saya mulai memahami tentang penyakit saya, dan saat saya smp saya mencari tahu sendiri tentang penyakit saya, dan saat saya mengetahuinya betapa terkejutnya saat saya tahu bahwa saraf otak saya mengalami sedikit masalah. Down? Yes, im down. Bahkan saya sempat menarik diri dari lingkungan teman2 saya, karena saya merasa berbeda. 

    Tetapi keluarga saya selalu semangat mencari cara untuk menyembuhkan saya, selalu meyakinkan saya bahwa saya akan sembuh. Bahkan meski pengobatan itu sangat jauh, mereka rela mengantar saya. Hingga skitar 6bulan lalu saat saya kontrol saya dinyatakan sembuh. Betapa bahagianya, perjuangan keluarga saya selama ini tidaklah sia-sia meski membutuhkan waktu lama. Oleh sebab itu saya sangat mencintai keluarga saya. I'M LOVE MY FAMILY
    sachrilarock
  • DhiichelseaNewcomerDhiichelsea 12 9 posts
    Di-posting 18 April
    Inilah Semangat Kartini Indonesia Masa Kini

    Bu mentri kelautan dan perikanan, Susi Pudjiastuti adalah inspirasi saya.
    Ketegasannya telah menjadi semangat baru bangsa dalam menjaga wilayah laut ibu pertiwi.
    Latar belakang pendidikan yang di remehkan sebagian orang tak menyurutkan langkahnya untuk menunjukkan : "Inilah semangat Kartini Indonesia masa kini"

    Sehebat Kartini dan Ibu Susi,
    Begitulah seharusnya kita sebagai Kartini di masa kini.
    Menggerakkan perekonomian berbagai sektor bukan lagi monopoli kamu laki-laki, kita sebagai wanita juga sudah dapat menunjukkan peran kita didalamnya. Namun tentu saja ada batasan untuk kita. 
    Lebih hargai diri kita, wahai saudari-saudariku, karena bukan hanya dari kecantikan saja kita di nilai, tapi dari akhlak dan budi pekerti.

    Ayo Kartini masa kini, kita bisa melakukannya : Bijaksana dalam bersosial media, cerdas dalam membaca berita, kroscek dan menyaring kembali kebenaran suatu informasi yang kita terima sebelum menyebarluaskan sebuah berita.
    Semoga Indonesia semakin hebat, bersama Kartini-Kartini muda Indonesia.
    Selamat Hari Kartini
    UK-13sachrilarock
  • arinazulfaaNewcomerarinazulfaa 1 8 posts
    Di-posting 19 April

    Kartini Masa Kini, Menebar Kebaikan dan Kebahagiaan.

    Sosok inspiratif bagi saya adalah Dian Paramita Sastrowardoyo atau yang lebih dikenal dengan nama Dian Sastrowardoyo. Saya memilih wanita kelahiran Jakarta 16 Maret 1982 ini menjadi wanita yang sangat inspiratif bagi saya, karena selain handal menjadi actress profesional, Dian juga aktif di berbagai acara kemanusiaan seperti aktifnya Dian bulan Februari lalu dalam mengkampanyekan gerakan Cegah Kanker Serviks. Dian mengajak masyarakat Indonesia untuk sadar akan edukasi mengenai pencegahan kanker serviks karena di Indonesia, penyakit kanker serviks cukup tinggi. Melalui donasi, Dian berharap kegiatan edukasi dan advokasi nantinya dapat menekan angka kanker serviks di Indonesia.

    Dian Sastrowardoyo juga didaulat sebagai pemeran Kartini dalam film Kartini. Dian sangat mengagumi sosok Raden Ajeng Kartini, sampai-sampai untuk memerankan sosok Kartini, Dian membaca sejumlah tulisan dan buku mengenai Kartini. Ibu dua anak ini sangat totalitas dalam setiap pekerjaannya. Menjadi wanita yang aktif di luar rumah serta tetap menjadi sosok ibu rumah tangga yang baik.  "Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia."-R.A. Kartini. Inilah kutipan R,A. Kartini yang menginspirasi Dian Sastro untuk terus menebar kebaikan dan kebahagiaan.

    Saya sendiri jika menjadi Kartini di era ini akan membagikan wawasan yang ada pada diri saya melalui tulisan-tulisan saya di blog. Saat ini saya sedang aktif menulis mengenai parenting di mana ternyata dunia parenting sangat menyenangkan untuk digali dan pastinya informasi-informasi seperti ini juga dibutuhkan oleh ibu, ayah, atau siapapun di luaran sana. Semoga saya juga dapat menebar kebaikan dan kebahagiaan, dengan terus menulis informasi yang bermanfaat bagi para pembaca tulisan saya.

    sachrilarock
  • Teh_ifatNewcomerTeh_ifat 1 6 posts
    Di-posting 21 April
    Ibuku adalah Guruku

    Inspirasiku adalah ibuku. KarenaSeorang ibu itu bagaikan Malaikat tanpa sayap yang tinggal di muka bumi ini. Orang yang pertama kali bisa ku panggil saat aku baru bisa bicara . . . ialah kata ibu. Ibuku yang telah mengandungku, melahirkanku dan mendidikku.
    Ibu adalah orangtuaku sekaligus guruku, yang telah mengajariku menulis, membaca, berhitung, mengaji, dan menjadi wanita yang mandiri serta kuat dalam menghadapi cobaan hidup. Selain mengajariku, ibu juga mengajari masyarakat yang buta huruf agar bisa baca tulis. Ibu yang mengajariku menjadi wanita yang kuat, disaat aku berjuang seorang diri di tengah tengah kota besar agar bisa masuk ke perguruan tinggi. Hinaan, cacian mereka yang kaya tidak melunturkan tekadku untuk tetap melanjutkan kuliah, meski serba kekurangan. Ibuku adalah orang yang menguatkan hati dan kakiku.
    Jika aku menjadi seorang Kartini. Maka aku akan memberikan pendidikan gratis pada masyarakat yang putus sekolah, agar mereka tetap bisa membaca dan menulis #JadiInspirasi
    sachrilarock
  • aprisagungwNewcomeraprisagungw 0 1 posts
    Di-posting 24 April Di-edit pada April 24
    Kasih Ibu Untuk Dunia dan Akhiratku

          Wanita yang paling menginspirasiku adalah seorang ibu.
    Beliau adalah wanita yang pling menginspirasi dia adalah wanita yg kuat dan tegar tanpa dirimu aku mungkin tidak akan ada didunia ini.Ibu tidak pernah lelah dari aku kecil hingga sebesar ini dia tidak pernah mengeluh dan terus menasehatiku agar aku kelak nanti bisa menjadi orang yang sukses di samping itu juga ibu juga selalu mengingatkan ku akan pentingnya beribadah untuk bekal ku diakhirat kelak.Serta seorang ibu itu adalah wanita yang paling aku sayangi maka dari itu keinginanku aku ingin sekali membuat ibuku senang dan bangga yang bisa mewujudkan cita cita ibuku.
          Ibu adalah sosok yang paling mensupport ku dikala aku sedang diatas maupun dibawa tidak hentinya memberi supportnya itu demi diriku bisa menjadi anak yang sukses.Ibuku adalah wanita yang layak di jadikan supermom tetap setia menemani dan menyayangi ku sampai sekarang 
    ILOVE MOM
          Walaupun hari kartini datang setahun sekali tapi bagiku hari kartini itu setiap melihat wajahmu kamulah kartiniku ibu terima kasih ibu tidak dapat ku membalas jasamu dari saat ku dilahirkan sampai aku turun ke bumi ini engkau tidak lelah menjaga dan merawatku ...dan lagi aku terinspirasi dari sosok seorang ibu akhirnya aku sekarang bisa memasak sendiri tanpa ilmu yg kamu berikan padaku tak.mungkin ku bisa.Engkau bagai cahaya yang selalu memberiku penerangan dikala kegelapan kamu lah sosok yang paling aku sayang tak mampu ku membalas jasamu ibu . 

    Jika aku jadi kartini ku ingin menjadi seperti ibuku yang rela berkorban demi orang lain dan selalu menyayangi semua tanpa imbalan .
    #JadiInspirasi
  • adityarepiNoviceadityarepi 4 41 posts
    Di-posting 25 April
    Keumalahayati
    "Laksamana Laut Wanita Pertama di Dunia"

    Indonesia, sebuah negara kepulauan yang memiliki sejarah panjang yang mampu membakar darah ksatria pada diri mereka, rakyat Indonesia, untuk memotivasi diri ke arah yang lebih baik. Pada kesempatan kali ini, izinkan saya mengulas singkat tokoh inspirasi yakni seorang wanita dari ujung barat Indonesia yang disebut-sebut sebagai "The World's First Female Marine Admiral". Keumalahayati atau lebih dikenal dengan Malahayati, yakni seorang putri dari Laksamana Mahmud Syah yang memiliki darah garis keturunan pendiri kerajaan Aceh Darussalam. Malahayati muda sangat memimpikan bahwa suatu saat nanti ia ingin menjadi Panglima Perang. Dengan kedisiplinan, kecerdasan dan integritas yang dimiliki, beliau pun diakui sebagai salah satu lulusan terbaik pada sebuah akademi militer di kerajaan Aceh Darussalam saat itu. Bahkan sultan saat itu mengangkat Malahayati menjadi komandan protokol istana.

    Lalu bagaimana gelar "Laksamana" di dapatkan olehnya? Malahayati adalah seorang janda dari pejuang kerajaan Aceh, dengan motivasi ingin melanjutkan perjuangan suaminya, Malahayati dengan tekad bulat dapat menjadi Panglima Perang dari Inong Balee, yakni pasukan yang sebagian besar terdiri atas janda-janda yang suaminya meninggal pada saat perang. Seorang Malahayati mampu memimpin 2000 prajurit Inong Balee dan 100 kapal, bahkan seorang Malahayati mampu membuat Kerajaan Belanda dan Inggris gentar terhadap mereka. Puncaknya, kita dapat menyaksikan sebuah peristiwa heroik pertarungan satu lawan satu diatas kapal antara Keumalahayati dengan Kapten Belanda, Cornelis de Houtman. Dengan kegigihan, kecerdasan, keberanian dan semangat juang yang tinggi, beliau mampu menjatuhkan Sang Kapten diatas kapalnya sendiri. Atas dedikasinya dia mendapatkan, Gelar Laksamana! Berselang empat abad kemudian, tepatnya di tahun 2017, beliau resmi diberi gelar Pahlawan Nasional.

    Setelah membaca ulasan singkat dari #TokohInspiratif yang men- #JadiInspirasi di atas, bagi saya bahkan mungkin teman-teman di Xplorers disini, kita dapat memetik banyak sekali nilai-nilai positif pada diri beliau. Beliau adalah seorang wanita yang menjadi bagian dari sejarah panjang Negara ini, yang memiliki dedikasi, semangat juang, integritas, keberanian, kedisiplinan dan kecerdasan intelektual pada dirinya. Dengan melihat relevansi nilai dari Laksamana Malahayati dan R.A Kartini, saya sebagai penerus bangsa di era digital saat ini, harus membentuk disiplin pada diri sendiri. Apabila disiplin diri telah terbentuk, kita dapat melanjutkan semangat juang mereka, baik dalam segi ekonomi, sosial dan segi kehidupan lainnya yang tentunya dapat membantu kita menjadi bangsa yang besar dan berdikari.
    "Discipline is the bridge between goals and accomplishment"
    - Jim Rohn




    Sumber : 
    https://id.wikipedia.org/wiki/Malahayati
    https://www.merdeka.com/gaya/fakta-tentang-malahayati-laksamana-wanita-pertama-dunia-yang-bikin-kagum.html
    https://tirto.id/matinya-cornelis-de-houtman-di-tangan-malahayati-cz2x
    http://aceh.tribunnews.com/2017/11/09/ini-
    10-fakta-laksamana-malahayati-yang-harus-diketahui-nomor-9-sudah-lama-dinanti-rakyat-aceh?page=2
    
  • Lucky_1401NewcomerLucky_1401 0 1 posts
    Di-posting 5:34AM Di-edit pada 5:46AM
    Nenek ku Pahlawanku

    Inspirasi saya adalah Alm Nenek saya. Beliau wafat sekitar 2 tahun lalu. Semasa hidupnya walau sudah lansia tapi nenek masih suka berorganisasi. Beliau adalah veteran. Sewaktu muda itu menjadi perawat saat jaman penjajahan. Beliau banyak menceritakan kisahnya sewaktu muda. Yang membuat saya kagum adalah semangat nya diusia 80 tahun beliau masih suka rapat dengan persatuan pejuang wanita, senam bagi lansia sampai menghadiri hari kartini

    Bila hari Kartini tiba, Dari subuh hari nenek sudah semangat bangun tidur, mandi, make up. Seringkali make Up nya tidak rapi termasuk Kebaya yang dipakainya. Saya sebagai cucu sering ikut sibuk mulai dari bantu merapikan baju sampai mengantar ke kantornya dan saya tungguin juga sampai acara selesai dan sampai lagi di rumah. Karena nenek baik hati, saya selalu diberi uang jajan jika sudah mengantar ke kantor. Dulu sewaktu belum ada pekerjaan, pemasukan saya dari nenek saya ini

    Sampai akhirnya nenek sakit sebelum meninggal. Ketika sakit pun nenek masih selalu bertanya tentang bagaimana kegiatan di kantornya. Juga suka menyuruh saya untuk mengantarkan surat kepada temannya di kantor atau koperasi wanita. Setelah nenek wafat, Saya merasa kehilangan. Namun semangatnya selalu menginspirasi bagi saya. Nenek seperti sosok Kartini yang walaupun sudah tiada tapi masih selalu dikenang kebaikannya dan semangatnya ketika hidup

    Karena saya Pria saya tidak mungkin menjadi Kartini. Tapi saya ingin memberikan masukan kepada seluruh wanita Indonesia agar lebih maju namun jangan pernah lupakan kodratnya sebagai wanita
  • fahmisetNewcomerfahmiset 0 1 posts
    Di-posting 6:27AM
    Jiwa Manusia tetap ABADI

    Sosok yg banyak menjadi inspirasi saya adalah tuanku imam bonjol
  • pututadhikomaraNewcomerpututadhikomara 0 6 posts
    Di-posting 6:59AM
    Ya Kartini ya ibu ku nama Pudji Hastuti di memberi kan kasih saya tak meminta balasan hanya memberi untuk anaknya yg tulus dari anak-anaknya ,dan anak -anak berikan cinta dan kasih sayang setelah bapak ku meninggal dunia tahun 2017  bulan Agustus aku ucapkan terima kasih ibu  #jadiinspirasi <3
  • pututadhikomaraNewcomerpututadhikomara 0 6 posts
    Di-posting 7:03AM
    Ibu adalah guru kehidupan awal sampai akhir di memberi kan pelajaran hidup ku aku terima kasih dan kasih sayang ibu Pudji Hastuti #jadiinspirasi
  • pututadhikomaraNewcomerpututadhikomara 0 6 posts
    Di-posting 7:05AM
    Ibu jadi guru kehidupan ku awal maupun akhir terima kasih sayang sebagai inspirasi hidupku #jadiinspirasi
  • pututadhikomaraNewcomerpututadhikomara 0 6 posts
    Di-posting 7:05AM
    Ibu jadi guru kehidupan ku awal maupun akhir terima kasih sayang sebagai inspirasi hidupku #jadiinspirasi

  • audazaschkya25Newcomeraudazaschkya25 0 1 posts
    Di-posting 7:32AM
    Mamaku, Kartiniku

    Aku gadis 20 tahunan, anak kedua dari dua bersaudara. Setelah merampungkan kuliah di tahun 2014, tak lama, aku mendapatkan pekerjaan menjadi seorang reporter (wartawan). Aku sangat menikmati pekerjaan ini. Siang dan malam, aku selalu mengisi waktuku dengan menemui banyak narasumber. Bisa dibilang, menjalani profesi yang mulia ini, aku tak kenal lelah. Menjadi wartawan memang adalah jiwaku, bahkan sampai hari ini. Sampai pada suatu hari di tahun 2016, duniaku berubah. Aku mengalami kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang menyebabkan tulang di paha kananku patah. Aku merasa duniaku hancur saat itu juga. Sebagai seorang yang gila kerja, ketika di hadapkan dengan situasi seperti ini, pasti benar-benar down. Mamaku yang takut jika kakiku diamputasi, setelah semalam di Rumah sakit, aku dibawa pulang ke rumah. Mamaku menyarankan untuk di urut saja sama dukun patah. 

    Hampir dua bulan di rumah, segala macam pekerjaan di rumah, dilakukan mamaku hingga memandikan (melap) badanku dan membersihkan aku setiap hari. Semuanya dilakukannya tanpa lelah, padahal umurnya sudah 65 tahun. Ternyata, dirawat dengan urut, tak berhasil, malah aku mengalami panas tinggi naik turun. Setelah dibawa ke rumah sakit, ternyata kakiku infeksi. Karena katanya statusku tak emergency lagi, aku dipulangkan ke rumah. Di rumah, mamaku yang mengurus infeksi kakiku. Tak kenal lelah, siang dan malam, mama memencet kakiku yang infeksi itu karena nanahnya sudah bertumpuk. Itu dilakukannya sampai kami mendapatkan rumah sakit lainnya. Setelah beberapa kali mengalami penolakan dari dua rumahh sakit, aku dioperasi. Setelah dioperasi pemasangan pen, aku tak bisa bangun. Kembali  lagi, hampir setahun lamanya, mama membersihkanku di tempat tidur. Setahun kemudian, aku sudah bisa bergerak bebas walaupun belum bisa jalan normal. Tahun kedua di tahun 2018 ini, kembali aku menjalani operasi karena sudah dua tahun, ternyata pen yang dipasang lalu dimakan infeksi lain makanya tulangku belum tumbuh. Kakiku di gips dari paha sampai telapak kai. Praktis aku tak bisa ke kamar mandi. Kembali, mamakulah yang memandikan dan membersihkan tubuhku.

    Dalam mengurusku, mamaku tak pernah mengeluh. Dia menjalaninya dengan do'a dan sabar. Aku yang tadinya sangat terpruku, menjadi termotivasi untuk sembuh karena melihat mama. Mama yang sudah tua saja tak pernah mengeluh, masa aku gak mau bangkit untuk sembuh? Malu sekali aku sama mama. Bulan depan, aku akan menjalani operasi lagi. Dan ya, kembali mamaku akan mengurusku lagi seperti bayi. lama-lama aku makin sadar, aku tak bisa hidup tanpa mama. Mama yang dari muda dulu mengajariku dan mengurusku sampai saat ini.
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang