sebulhockyNovicesebulhocky 2 60 posts
Di-posting Maret 2018
Otomotif

Cara Ganti Oli Mobil Tanpa Harus ke Bengkel


Memiliki kendaraan khususnya untuk roda empat atau mobil merupakan dambaan setiap orang di Indonesia ini. Meskipun jumlah kendaraan tersebut sudah sangat banyak dan kebutuhan akan kendaraan tersebut sudah seperti kebutuhan primer, namun tetap saja bagi sebagian orang ada yang masih menganggap bahwa kendaraan tersebut merupakan sebuah barang mewah yang sangat berharga. 

Namun tahukah anda bahwa anda hal yang sangat penting ketika anda memiliki sebuah kendaraan berupa mobil ? hal tersebut tiada lain adalah sistem perawatan yang anda lakukan terhadap kendaraan yang anda miliki. Salah satu cara melakukan perawatan terhadap kendaraan mobil khususnya perawatan mesinnya adalah penggunaan oli mobil. Ya, proses ganti oli mobil secara rutin dan teratur merupakan suatu hal yang sangat penting untuk anda lakukan agar kondisi mesin mobil anda senantiasa prima sehingga selalu siap untuk anda gunakan kapan saja.

Ganti oli mobil bisa anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus minta bantuan pihak bengkel. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai cara ganti oli mobil di rumah. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Membuang oli lama. Buka penutup oli. Lokasi penutup oli biasanya ada di bagian atas mesin. Tujuan membuka penutup oli ini agar ada udara yang masuk sehingga memudahkan oli dalam mobil mengalir keluar. Selanjutnya letakkan baki tempat menampung oli di bawah bak oli dan buka baut penutup bak oli. Letak baut tersebut ada di bawah mesin, yakni baut yang letaknya paling dekat dengan mesin. Setelah Anda membuka baut tersebut, biarkan oli lama mengalir ke baki dan tunggu hingga semua oli dalam mesin keluar.

  2. Mengganti saringan oli. Agar mesin dapat bekerja lebih baik, ada baiknya Anda mengganti saringan olinya juga. Lokasi saringan oli ini bisa berada di bagian depan, samping atau belakang mesin. Ciri-cirinya adalah berwarna putih, hitam atau biru dengan bentuk silinder selebar 8 cm dengan panjang 10 hingga 15 cm. Bisa dibilang bentuknya mirip seperti kaleng makanan.

  3. Tuangkan oli baru. Pastikan untuk menggunakan oli yang tepat dan menuangkannya sesuai dengan petunjuk penggunaan mobil.

Ganti oli mobil anda dengan jenis oli sintetik yang banyak memiliki manfaat. Salah satu merk oli sintentik yang bisa anda gunakan untuk mobil anda tersebut adalah oli sintetik Top One yang merupakan merk oli mobil yang berkualitas tinggi dan sangat cocok dengan kondisi mesin mobil anda.

Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang