IkamilNewcomerIkamil 0 12 posts
Di-posting 16 Maret
Internet

Internet Edukasi

Hai Hai Xlpoler, izinkan saya sharing info mengenai Edukasi Internet XL. Di era digital saat ini internet bukan lagi hal baru buat kita, bahkan merupakan kebutuhan pokok selain sandang pangan dan papan hehe. Siapa disini yg bisa tahan tanpa akses internet 1 minggu aja? Coba tunjuk tangan? Saya percaya pasti nggak ada, hehe.

 

Nah yg mau saya bahas disini, gmna caranya supaya kita cermat dalam penggunaan data internet, yuk kita mulai. Masih ada yg suka bingung membedakan Tarif Dasar dengan Paket Internet?

  • Tarif Dasar adalah : Biaya yg dikenakan pengguna layanan internet dan di potong langsung dari pulsa yg dimiliki, dihitung dari jumlah Kilobyte yg terpakai.
  • Paket Internet : Proses pemotongan pulsa yang dilakukan pada saat transaksi berhasil untuk pembelian kuota yg sudah di tentukan.

Apa itu internet.png

Perbedaan tarif dasar dan paket internet.png

 

Gimana caranya ya membeli paket internet? Pembelian paket internet XL bisa dilakukan melalui :

  • UMB *123#
  • Aplikasi MyXL atau melalui Website 123.xl.co.id
  • Retail Outlet atau Dompet Pulsa

Cara membli paket internet.png

 

Sekarang kita masuk ke genarasi internet, pasti kamu tau dong istilah indicator signal, 2G, 3G atau 4G. G itu maksudnya apa sih? G adalah Generasi, bedanya apa ya? Perbedaan ada pada kecepatan akses data atau speed internet. Teranyar dari XL 4G LTE nya memiliki kecepatan internet up to 50 Mbps loh ! wuz banget kan. Eniwei Mbps apa sih ? merupakan satuan kecepatan dari internet atau singkatan dari Mega bit per second dengan satuan terkecilnya adalah Kbps atau kilo bit per second.

 

Satuan kecepatan Internet.png

KBPS dan MBPS.png

 

Lanjut ke satuan volume internet, pasti gak asing dengan istilah KB, MB atau GB. Satuan tersbut merupakah ukuran yang di pakai saat kamu menggunakan internet.

KB = Kilobyte

MB = Megabyte

GB = Gigabyte

Berapa sih ukuran 1 MB dalam KB? Yups, 1024 atau 1 MB = 1024 KB sementara 1 GB = 1024 MB.

 

Satuan volume internet.png

 

Sekarang sudah tau kan ukuran satuan kecepatan internet dan volume internet. Semakin cepat data akses internet yg kamu dapatkan maka akan besar juga penggunaan data paket yg akan terpakai, untuk menghemat penggunaan pulsa, lebih baik gunakan paket internet ya, gak hanya menghemat, kamu juga akan mendapatkan kecepatan akses internet yang maksimal.

 

Untuk kenyamanan kamu berselancar menggunakan internet, lakukan pengecekan kuota secara berkala ya, oh iya gimana cara nya sih? Caranya bisa melalui :

  • UMB *123# pilih My Info
  • Aplikasi MyXL pilih cek kuota atau melalui web 123.xl.co.id

 Cek Kuota.png

 

Hmm, pernah gak lagi asik asik internetan tiba tiba muncul notifikasi paket sudah habis? Nah itu fungsi nya cek kuota secara berkala, tapi tau gak sih fungsi dari notifikasi yang muncul itu untuk apa? Sebenarnya utk memperingati kita nih, agar pulsa utama yg kita miliki tidak terpakai saat paket habis. Segera aktifasi kembali paketnya ya, agar penggunan datanya nyaman lagi nih. Caranya seperti yg sudah diinfokan sebelumnya ya.

 

Semoga informasinya bisa menambah pengetahuan kamu untuk internet XL ya Smile, jika ada pertnyaan atau mau menambahkan silakan loh. Cheers.

Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang