Dkrisna_methyNewcomerDkrisna_methy 5 25 posts
Di-edit pada August 2018
Internet

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Paket Internet


Internet bukan hal yang asing lagi pastinya ya Gaes, buat kamu yang menggunakan smartphone. Sekarang ini smartphone akan otomatis terkoneksi dengan internet sehingga kamu bisa browsing, upload kegiatan kamu di sosial media. Eiitsss..tapi supaya kamu bisa browsing dan eksis di sosial media smartphone kamu harus punya pasangan. Pasangannya adalah Paket Internet.

 

Apakah Paket Internet Itu?

Sebelum akses internet, kamu terlebih dahulu harus daftar paket internet supaya kamu bisa menggunakan smartphone untuk browsing atau eksis di sosial media. Setelah melakukan pembelian paket, kamu akan diberikan 'kuota' atau jumlah besarnya data (ukuran yang dipakai untuk akses internet) yang bisa kamu gunakan untuk akses dalam waktu tertentu.

Harga paket internet tergantung paket yang dibeli atau jumlah kuota yang dibeli. Pembelian paket internet ini akan dipotong dari pulsa yang kamu punya di nomor smartphone kamu. 

Setelah paket internet yang kamu beli aktif, pastikan juga setting di smartphone kamu sudah sesuai supaya kamu bisa langsung menggunakan paket internet yang kamu beli.


Apakah Perbedaan Paket Internet & Tarif Dasar Internet?

Kalau kamu gak berlangganan paket internet di smarphone kamu, akses internet akan dihitung sesuai dengan tarif dasar internet. Tarif dasar internet juga akan berlaku kalau paket internet kamu habis, maka biaya akses data akan dihitung sesuai dengan tarif dasar internet yang berlaku untuk no smartphone kamu. Jumlah pulsa yang terpotong akan tergantung pada jumlah besarnya data yang kamu gunakan. Ukuran yang digunakan adalah per kilobyte (satuan ukuran untuk data).

Tarif dasar akan memotong pulsa kamu setelah ada penggunaan akses internet. Sedangkan kalau paket internet, pulsa kamu akan terpotong diawal ketika kamu melakukan registrasi.  


Apakah yang dimaksud Kecepatan dan satuan dalam Internet ?

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah 'KB', 'MB', 'GB'. Itu adalah satuan yang digunakan untuk menghitung satuan data yang digunakan.

KB : Kilobyte

MB : Megabyte

GB : Gigabyte

1 MB = 1024 KB

1 GB = 1024 MB

Sedangkan satuan kecepatan yang digunakan adalah 'Kbps (Kilobyte per second) dan Mbps (Megabyte per second)'. 

Misal : Kecepatan akses 312 Mbps. Hal ini berarti saat memakai internet, kamu bisa menerima atau mengirim 312 Megabyte per detiknya. 

Kecepatan akses internet tentunya berhubungan dengan jaringan yang digunakan. Ada jaringan 2G, 3G dan sekarang ini 4G. 2G, 3G dan 4G adalah istilah untuk generasi jaringan internet tanpa kabel. Huruf 'G' dibelakang angka kependekan dari kata 'Generasi' . Makin besar angkanya, kecepatannya makin tinggi. 

2G & 2,5G (GPRS) = kecepatan rendah

3G (EDGE) & 3,5G (HSDPA) = kecepatan menengah

4G (LTE) = kecepatan tinggi

 

Bagaimana Cara Mengetahui Kuota Internet yang Dimiliki ?

Untuk penggunaan kuota kamu, bisa dicek melalui aplikasi MyXL atau *123#. Di aplikasi MyXL penggunaan kuota bisa terlihat dengan gambar Kuota Meter. Aplikasi MyXL juga tersedia di App Store atau Google Play.

Jelas banget kan gaes penggunaan kuota kamu dengan Kuota Meter diatas? Buat kamu yang belum download MyXL, buruan download ya. Aplikasi ini tetap bisa kamu akses meskipun kuota kamu habis lho.


Ayo Download My XL di Smartphone!
 

 

Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang