Dkrisna_methyNewcomerDkrisna_methy 4 25 posts
Di-edit pada May 14
9 Terpopuler

[UPDATE] Inilah Cara dan Aturan Baru Registrasi Nomor Perdana XL


Yuk Registrasi Kartu XL-mu!

Mulai tangal 31 Oktober 2017, setiap pengguna telepon selular baik nomor baru maupun nomor lama, wajib melakukan registrasi ulang nomor kartu perdana. Kamu perlu tahu, registrasi ini beda dari yang sebelumnya!

Untuk menghindari dari tindak kejahatan seperti SIM swap penjebolan akun virtual bank,dll, sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2016 beserta perubahannya tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, sebagai upaya untuk menangkal penyalahgunaan layanan telekomunikasi untuk kriminalitas dan terorisme, kini pemerintah menggalakan kembali peraturan ini bagi setiap pengguna telepon selular (ponsel), untuk keamanan & kenyamanan bertelekomunikasi.

Pastikan nomor XL-mu sudah terdaftar sampai batas tanggal 28 Februari 2018


Apa Saja yang Perlu Kamu Persiapkan?

  • Nomor Pelanggan Prabayar XL
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada e-KTP/KK 
  • Nomor Kartu Keluarga

    *NIK, nomor KK sesuai KK & KTP valid yang sudah tercatat di Ditjen Dukcapil.



Cara Registrasi Kartu XL

Mau cara mudah & cepat? Kunjungi https://registrasi.xl.co.id/ulang ;

1. SMS

Registrasi Nomor Baru XL (Kartu XL yang baru dibeli)

Kirim SMS ke 4444 - Ketik DAFTAR#NIK#NOMOR KK

Contoh:
DAFTAR#1234567891011134#5566778899110022

 *harus sesuai dengan yang tertera pada KK


Registrasi Nomor Lama (Kartu XL yang sudah pernah diaktifkan)

Kirim SMS ke 4444 - Ketik ULANG#NIK#NOMOR KK

Contoh:
ULANG#1234567891011134#5566778899110022

*harus sesuai dengan yang tertera pada KK


2. Akses melalui web self re-registrasi 

Cara registrasi Kartu XL, untuk calon pelanggan ataupun nomor lama melalui web. Berikut langkah-langkahnya :

1.       Buka link url https://registrasi.xl.co.id/ulang ;
2.       Masukkan nomor XL-mu dengan format misalnya : 0817xxxx, Kemudian klik “VERIFY”
3.       Selanjutnya kamu akan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS dari 4444
4.       Masukkan kode verifikasi ke dalam web self registrasi kemudian klik “VERIFIKASI”
5.       Kemudian masukkan data :
• Nomor Induk Kependudukan/NIK/Nomor KTP
• Nomor Kartu Keluarga

6.       Klik “SUBMIT”
7.       Setelah selesai prosesnya, maka akan mendapatkan info bahwa proses registrasi telah berhasil


3. Registrasi di myXL



Ada kesulitan dalam proses registrasi nomor XL-mu? 
Silakan hubungi :
  • CustomerService@xl.co.id atau Call Center 817
  • Layanan Call Center Ditjen - Halo Dukcapil Kemendagri 1500537

FAQ

 
1. Apa yang dimaksud dengan Registrasi Pelanggan Prabayar?
Jawab: Registrasi Pelanggan Prabayar merupakan pendaftaran identitas diri yang wajib dilakukan oleh calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar yang datanya belum divalidasi (“Pelanggan”) dengan menggunakan data identitas kependudukan yang valid sebagaimana yang tercatat di Direktorat Jenderal Kependudukan & Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (“Ditjen Dukcapil”). Ketentuan registrasi pelanggan ini juga berlaku bagi calon pelanggan pascabayar.
2. Apa tujuan dan manfaat dilakukannya registrasi kartu prabayar pelanggan jasa telekomunikasi ini?
Jawab:
· Memberikan perlindungan kepada masyarakat pengguna jasa layanan telekomunikasi terhadap tindakan kejahatan dan aksi-aksi penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab (kejahatan terorisme, penipuan, informasi spamming, kejahatan siber) dan sebagainya, sehingga masyarakat/pelanggan juga semakin nyaman dalam menggunakan jasa layanan telekomunikasi.
· Kemudahan penyediaan layanan bagi pelanggan layanan telekomunikasi misalnya untuk transaksi online dan non tunai.
· Data pelanggan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan keuangan inklusif atau penyaluran dana atau bantuan pemerintah dan hal hal lain sejenisnya.
4. Apakah registrasi kartu prabayar ini berlaku untuk pelanggan baru saja?
Jawab: Tidak. Registrasi kartu prabayar ini wajib diikuti oleh calon pelanggan/pelanggan baru dan pelanggan lama.
5. Apakah pelanggan dapat melakukan sendiri proses registrasi kartu prabayar?
Jawab: Ya, calon pelanggan dan pelanggan lama dapat melakukan sendiri proses registrasi kartu prabayar dengan syarat menyampaikan NIK, nomor KK sesuai KK & KTP yang tercatat di Ditjen Dukcapil.
6. Apakah registrasi kartu prabayar juga bisa dilakukan di gerai milik penyelenggara jasa telekomunikasi atau di gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi?
Jawab: Ya, pelanggan juga bisa datang ke gerai-gerai milik penyelenggara jasa telekomunikasi atau ke gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi dengan membawa persyaratan untuk melakukan registrasi.
7. Persyaratan apa yang harus disiapkan pelanggan untuk melakukan registrasi kartu prabayar?
Jawab:
Persyaratan yang harus disiapkan yaitu:
Bagi WNI (Warga Negara Indonesia) :
· KTP elektronik
· Kartu Keluarga (KK)
Bagi WNA (Warga Negara Asing):
· Paspor
· KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap)
· KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara)
8. Informasi apa saja di dalam KK & KTP elektronik yang dibutuhkan untuk melakukan registrasi kartu prabayar?
Jawab: Informasi yang dibutuhkan adalah :
· Nomor Induk Kependudukan (NIK) terdiri dari 16 digit
· Nomor Kartu Keluarga terdiri dari 16 digit
9. Apakah calon pelanggan dan pelanggan lama yang belum memiliki KK dan KTP elektronik juga dapat melakukan registrasi?
· Jawab: Ya dapat. Jika belum memiliki KTP elektronik tetap dapat melakukan registrasi dengan menggunakan NIK yang informasinya terdapat dalam KK. Jika belum memiliki KK, tidak dapat melakukan registrasi.
10. Bagaimana cara melakukan registrasi kartu prabayar?
Jawab: Cara melakukan registrasi kartu prabayar adalah dengan

Registrasi Nomor Baru XL (Kartu XL yang baru dibeli)
Kirim SMS ke 4444 - Ketik DAFTAR#NIK#NOMOR KK
Contoh:
DAFTAR#1234567891011134#5566778899110022

 Registrasi Nomor Lama (Kartu XL yang sudah pernah diaktifkan)
Kirim SMS ke 4444 - Ketik ULANG#NIK#NOMOR KK
Contoh:
ULANG#1234567891011134#5566778899110022
*harus sesuai dengan yang tertera pada KK

11. Bagaimana cara melakukan registrasi kartu prabayar bagi WNA?
Jawab: WNA dapat melakukan registrasi kartu prabayar dengan cara mendatangi gerai penyelenggara jasa telekomunikasi atau gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi dengan membawa kartu identitas diri berupa paspor/KITAS/KITAP, selanjutnya petugas gerai akan mencatat nama, nomor paspor/KITAS/KITAP, kewarganegaraan serta tempat dan tanggal lahir.
12. Benarkah ada proses validasi data bagi calon pelanggan dan pelanggan lama yang melakukan registrasi kartu prabayar ini?
Jawab: Benar. Proses validasi adalah bagian dari proses registrasi kartu prabayar. Dalam proses ini, data identitas diri pelanggan akan divalidasi melalui database kependudukan Ditjen Dukcapil.
13. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses validasi tersebut?
Jawab: Validasi merupakan bagian dari proses registrasi yang berlangsung maksimal 1x24 jam.
14. Bila ada gangguan sistem pada proses registrasi, apakah aktivasi nomor tetap dapat dilakukan?
Jawab: Aktivasi tetap dapat dilakukan. Selanjutnya Pelanggan/Calon Pelanggan secara berkala melakukan proses registrasi sampai berhasil.
15. Mulai kapan registrasi pelanggan ini diberlakukan?
Jawab: Kewajiban melakukan registrasi kartu prabayar efektif berlaku mulai 31 Oktober 2017
16. Kapan batas akhir registrasi ulang kartu prabayar bagi pelanggan lama?
Jawab: Batas akhir registrasi ulang kartu prabayar bagi pelanggan lama adalah tanggal 28 Februari 2018.
17. Apakah dampaknya jika pelanggan tidak melakukan registrasi ulang?
Jawab
Penyedia jasa telekomunikasi akan melakukan pemblokiran bertahap sebagai berikut:
a. Pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat keluar (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak tanggal pemberitahuan diberlakukan ketentuan registrasi ulang.oleh penyelenggara jasa telekomunikasi
b. Pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan layanan pesan singkat masuk (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin a.
c. Pemblokiran layanan internet jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin b.
18. Apa yang harus dilakukan bila pelanggan mengalami kesulitan melakukan registrasi?
Jawab: Pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan penyelenggara jasa telekomunikasi (silakan masukan nomor contact center masing – masing operator).
19. Apa yang harus dilakukan bila pelanggan mengalami kesulitan atau kendala dalam data kependudukan (contoh: NIK tidak ditemukan)?
Jawab: Jika pelanggan mengalami kendala data kependudukan, silakan menghubungi layanan pelanggan Ditjen Dukcapil atau kunjungi www.dukcapil.kemendagri.go.id atau melalui call center 1500537 (pada hari dan jam kerja).
20. Apakah ada sanksi bagi pelanggan yang tidak melakukan registrasi?
Jawab: Ya, ada sanksi bagi pelanggan yang tidak melakukan proses registrasi, sebagai berikut:
· Untuk calon pelanggan, kartu tidak dapat aktif.
· Untuk pelanggan lama, akan dilakukan pemblokiran secara bertahap.
a. Pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat keluar (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak tanggal pemberitahuan diberlakukan ketentuan registrasi ulang.oleh penyelenggara jasa telekomunikasi.
b. Pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan layanan pesan singkat masuk (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin a.
c. Pemblokiran layanan internet jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin b.
21. Apakah ada batasan jumlah nomor yang dapat diregistrasi untuk setiap calon pelanggan dan pelanggan lama?
Jawab: Jumlah nomor yang dapat diregistrasi oleh calon pelanggan dan pelanggan lama dapat diregistrasi oleh pelanggan yang bersangkutan (self registration) maksimal 3 (tiga) nomor untuk setiap NIK pada setiap penyelenggara jasa telekomunikasi. Jika lebih dari 3 nomor, maka nomor ke-4 dan seterusnya dapat diregistrasi melalui gerai penyelenggara jasa telekomunikasi atau gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi.
22. Bagaimana dengan nomor atas nama korporasi (bukan perorangan)? Apakah tetap harus melakukan registrasi dan hanya boleh mengaktifkan 3 (tiga) nomor dalam 1 (satu) penyelenggara jasa telekomunikasi? Atau mengikuti aturan sesuai ketentuan perorangan (harus datang ke gerai dsb)?
Jawab: Mekanisme registrasi untuk nomor korporasi tetap didaftarkan atas nama pelanggan (orang-perorangan). Untuk registrasi nomor korporat dilakukan oleh pejabat korporasi yang bertanggung jawab dan jumlahnya tidak dibatasi.
23. Apakah semua ketentuan registrasi di atas juga berlaku bagi pelanggan pascabayar maupun untuk pelanggan non-seluler?
Jawab: Ya, semua ketentuan tersebut di atas juga berlaku bagi pelanggan pascabayar maupun untuk pelanggan non-seluler.
 
Vanilla_AdminlintangbwngadetampanBaresi
  • RevipertiwiNewcomerRevipertiwi 3 5 posts
    Di-posting -

    Terima kasih infonya, saya juga pengguna XL,,

    kholidin1denatureidgadetampan
  • afiangkasaNewcomerafiangkasa 1 25 posts
    Di-posting -

    Regristrasinya tidak berbeda jauh dengan pascabayar

    gadetampan
  • gladyorbeflaNewcomergladyorbefla 1 12 posts
    Di-posting -
    Hi @Tjangkir

    Ubah biodata di nomor kamu pun sama caranya. Tinggal datang saja ke XLC, nanti akan ada proses verifikasi, apabila namanya memang tidak sesuai, jika verifikasi nya benar, kamu akan dibantu untuk mengubah data nya.

    Atau kamu bisa juga pakai cara SMS ke 4444.
    Cobain deh, ketik Ubah#Nama#Nama Baru, lalu kirim ke 4444. Untuk data lain nya, contohnya alamat, tinggal ketik Ubah#Alamat#Alamat Baru lalu kirim ke 4444.

    Silahkan dicoba ya.
    gadetampan
  • AlfiansyahNewcomerAlfiansyah 1 1 posts
    Di-posting -

    Mantaaap uuuy data saya sudah lengkap tanpa lari ke gerai XL "habis beli nomer cantik XL tapi udah aktifan soalnya" trimakasih udah berbagi ilmunyaa hehehe. oh ya ralat nih untuk perubahan data jenis kelamin UBAH#JENISKELAMIN#L/P itu di tolak! yang bener harus pake spasi UBAH#JENIS KELAMIN#L/P contoh: UBAH#JENIS KELAMIN#L

    myxl1666
  • zulkifli991Newcomerzulkifli991 1 25 posts
    Di-posting -

    Apa untungnya registrasi kartu pakai data asli ??? ngak ada kan ?? buat apa juga

    Bibink
  • wijayadonnyNewcomerwijayadonny 0 3 posts
    Di-posting -

    ayogan gabung  http://vipbet88.org tempatnya poker terpercaya dijakmin untung banyak

  • adespyNewcomeradespy 0 3 posts
    Di-posting -

    Sore....saya beli nomer XL dari sales yang nawarin pakai harga murah tapi sudah aktif, gak tahu deh waktu diaktifin sama salesnya itu pakai nama siapa. Nah ceritanya saya mau daftar ulang alias rubah data.....pakai format yg mana? Soalnya waktu kirim INFO ke 4444 dimintain kode ID penjual.....lah ya saya gak punya dong.....mohon pencerahannya, terima kasih....

  • bwberjayaNewcomerbwberjaya 0 6 posts
    Di-posting -

    Baru tau kalau bisa ubah data kartu xl.. Padahal sudah lebih dari 5 tahun pakai kartu XL...

    Nice Info and very Thank you ^_^

  • DinawibNewcomerDinawib 0 1 posts
    Di-posting -
    untuk merubah data kita yg baru kepotong pulsa normal sms apa free ya?
  • abuhasan1Newcomerabuhasan1 0 1 posts
    Di-posting -

    Gan, kalau ingin daftar jadi penjual retail kartu perdana XL gmn caranya?

  • Rifqi-AriefNoviceRifqi-Arief 1 39 posts
    Di-posting -

    UP ah, sepi nih

  • AwalaleNewcomerAwalale 0 1 posts
    Di-posting -
    Saya sudah melakukan registrasi, tapi pop up notifikasi untuk melakukan registrasi selalu muncul. Bagaimana cara menghilangkannya ya?
  • feldiantolipNewcomerfeldiantolip 0 1 posts
    Di-posting -
    Saya beli sim card di tanjungpinang.
    kata penjualnya sudah aktif tapi sesudah di bawa pulang ke wilayah lain di masukin ke hp malah tidak aktif apakah bisa di aktifin di luar wilayah.
    mohon bantuannya
  • vanielaNewcomervaniela 0 1 posts
    Di-posting -
    Kode prereg dapatnya darimana ya????
  • ajatkurniawanNewcomerajatkurniawan 1 1 posts
    Di-posting -
    Kartu saya rusak, dan saya mau ke XL center terdekat di kota saya. Tp sebelum saya kesana, mau merubah data diri saya dulu krn dulu waktu baru registrasi tidak sesuai identitas asli, bagaimana caranya ya? Apakah bisa melakukan perubahan melalui online? Kalo bisa tolong di bantu kemana alamatnya yg harus saya tuju.
    nholis48
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang