idenwildensyahNewcomeridenwildensyah 0 4 posts
Di-posting Desember 2016
Promo & Event

Blog Keroyokan Untuk Anak Sekolah Menengah

Blog KeroyokanBlog Keroyokan

Salah satu kegiatan pembelajaran di Sekolah Menengah Sekolah Alam Bandung (disingkat SAB) adalah blogging. Sudah lama saya ingin membawa pembelajaran menyenangkan di sekolah lewat media blogging. Blogging menjadi media yang pas untuk mengajak belajar aktif atau active learning di sekolah.

Blogging

Blogging hanya kunci masuknya saja karena saat menulis, kita akan belajar banyak hal. Misalnya belajar sains, bahasa, agama, dan teori-teori lainnya untuk menguatkan kegiatan praktis yang dilakukan di sekolah.

Blogging memungkinkan siswa mengetahui banyak hal di luar pembelajaran di sekolah. Misalnya tentang teknologi pertanian, teknologi tepat guna dan ramah lingkungan. Bukan tidak mungkin lagi, lewat blogging siswa mampu menghasilkan penemuan teknologi yang akan berguna untuk kehidupan.

Semangat belajar aktif lewat kegiatan blogging terbukti mampu memberikan sisi-sisi lain dari sekadar pembelajaran di sekolah-sekolah konvensional dimana guru menerangkan di depan kelas dan anak duduk pasif mendengarkan seharian. Blogging membuat siswa menjadi aktif dalam mencari tahu, siswa menjadi tergerak untuk memadukan pengetahuan yang ia dapatkan dari internet menjadi bahan pembelajaran baru.

Misalnya jika diberi tugas membuat catatan seputar tanaman ubi, maka siswa harus mencari tahu sejarah tanaman ubi di Indonesia, kandungan gizi yang ada di tanaman ubi, jenis dan keanekaragaman ubi yang ada di dunia, dan cerita tentang ubi yang menarik lainnya sebagai pelengkap tulisan yang akan diposting di blognya masing-masing.

Dari satu catatan saja, siswa diajak untuk belajar banyak hal seperti sejarah, biologi, dan bahasa Indonesia.

Nah, kegiatan blogging ini akan menjadi salah satu kegiatan rutin di Sekolah Menengah SAB untuk menunjang pembelajaran lainnya. Blogging seolah melengkapi kegiatan yang sudah dilakukan. Dengan blogging, kita berusaha menyebarkan informasi seputar kegiatan dan pengetahuan yang kita dapatkan untuk dimanfaatkan orang lain yang membaca blog kita.

Langkah Selanjutnya

Menyediakan satu platform blog yang bisa diakses oleh semua siswa di tingkat menengah baik Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas. Blog tersebut tempat untuk merangsang anak-anak menulis apapun yang dilakukan di sekolahnya atau di mana pun mereka berada.

Konten yang diangkat bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk mengantarkan pembelajaran. Misalnya ketika guru biologi mengangkat tema 'Keanekaragaman Hayati' maka tugas anak didik adalah membuat artikel dengan kata kunci 'keanekaragaman hayati'. Jika sebuah anak di sekolah aktif melakukan posting dalam seminggu beberapa kali posting maka secara tidak langsung ia akan memiliki pengetahuan yang menarik seputar artikel yang dipostingnya.

Belajar dengan menuliskan akan lebih mudah teringat daripada sekadar menghapalkan atau duduk diam mendengarkan guru. Dengan menulis, anak akan terlibat aktif dalam mengolah materi pelajaran. 

Sumber materi pelajaran tersebar di berbagai media, baik itu di buku-buku cetak atau di internet yang sangat melimpah. Anak yang mampu mengakses dengan baik harus dibekali dengan kemampuan menyaring informasi. Tidak sekadar copy paste tetapi mengolahnya terlebih dahulu.

Nah, platform blog keroyokan ini akan menjadi proyek yang menarik di sekolah karena anak diajak selangkah lebih maju dalam belajar menggunakan perangkat teknologi.

Output

Setelah anak mampu mengolah artikel dalam blog keroyokan, selanjutnya anak diarahkan untuk mengembangkan potensi lainnya. Jika kemudian menulis menjadi jalan masuk untuk mengembangkan potensinya maka guru tinggal mengarahkan potensi tersebut dengan membuat karya buku, membuat blog sendiri, mengirim tulisan ke media cetak, dan masih banyak lagi peluang yang bisa ia dapatkan dari proses awal menulis di blog keroyokan.

Jikapun kemudian anak memilih meninggalkan dunia tulis menulis, setidaknya guru atau fasilitator sudah memberikan jejak karya dalam internet yang bisa ia akses kapanpun.

Penutup

Demikianlah sebuah mimpi ini dibuat, proses menulis di blog dan juga menerapkan konsep blog keroyokan di antara teman-teman sendiri lewat inimagz meyakinkan saya untuk mengantarkan konsep ini dalam program CREATIVEPRENEUR.

  • tulisanpandaNewcomertulisanpanda 0 20 posts
    Di-posting Desember 2018
    weh, bagus ide nya tuh membuat blog untuk bersama. mengembangkan kreatifitas dengan menulis
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang