ditanurNewcomerditanur 0 1 posts
Di-posting September 2016
Otomotif

Kartel Honda-Yamaha, AISI Anggap Wajar Kenaikkan Harga Motor

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga kartel pada harga skuter 110-125 cc yang melibatkan Honda dan Yamaha. Baru-baru ini, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia meja (AISI) Gunadi Sindhuwinata disampaikan kepada sidang untuk bersaksi.

Gunadi menyebut kasus kartel ini tidak akan mempengaruhi penjualan sepeda motor di Indonesia. Pasar sepeda motor akan terus tumbuh jika ekonomi baik.

"Berkenaan dengan percobaan kemarin saya pikir apa pun hasil yang diharapkan adalah positif, hal itu tidak mempengaruhi pasar karena masyarakat masih memiliki kebutuhan. Jika kita tarik ke 2020 dan seterusnya, pasar sepeda motor akan terus meningkat selama situasi ekonomi yang baik , "katanya di Pulau Dua, Jakarta, Kamis (2016/09/08).

Mempertanyakan kenaikan harga yang terjadi tiga kali sejak 2014 untuk membuat tuduhan kartel terungkap, dia bilang itu masih dalam kategori wajar karena ada banyak faktor. Menurut dia ini bagian dari strategi pemasaran.

"Benar ada kenaikan tapi hanya 3 persen inflasi mencapai 7 persen. Jadi kenaikan itu jauh di bawah inflasi. Lalu mengapa tiga kali naik? Kami harus melakukan penyesuaian antara Rp 400 sampai Rp 600 ribu, tapi produsen tidak dapat secara bersamaan meningkatkan secara langsung untuk pasar akan rusak. "

Selain Gunadi menjelaskan, "Oleh karena itu secara bertahap dan bahkan kemudian tidak ada penyesuaian untuk inflasi, suku bunga, biaya produksi yang mengandalkan tenaga kerja, dan nilai tukar. Jadi faktor-faktor ini mendorong peningkatan total 3 persen."

Menurut dia, ada banyak faktor yang membuat harga. "Jika pasar produsen yang kuat tidak harus menaikkan harga, tetapi jika terpaksa naik karena inflasi dan lain-lain, jika ada yang berani kenaikan gaji, kita juga perlu berani untuk menyesuaikan," katanya.

Karena itu ia menepis dugaan "pakta" antara Honda ke Yamaha dalam hal kenaikan harga yang waktu hampir berbarengan.

Daftar Harga Motor Honda Terbaru Tahun 2016

Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang