andikakuNoviceandikaku 2 40 posts
Di-posting Mei 2016
Photography

[TUTORIAL] Seleksi Detail Rambut Menggunakan Blend Mode

 Untitled-3-01.png

 

~ Seleksi dan Masking Rambut ~

Sesuai dengan judul di atas, dalam proses mengedit foto kita harus berhadapan dengan masalah yang cukup menantang, yaitu melakukan seleksi untuk daerah rambut. Helai rambut tipis yang terurai dan menyebar memang kadang cukup menyulitkan untuk di seleksi 

 

Sekarang akan menjelaskan cara membuat mask untuk rambut sebagai dasar melakukan seleksi sebagai cara untuk membuang atau mengganti background asli dari sebuah foto.

 

Syarat Foto Untuk Seleksi Rambut


Sebelum melakukan teknik ini ada beberapa hal penting yang harus dipenuhi :

  • Foto atau gambar yang digunakan harus memiliki kualitas yang cukup baik, dimana detail rambut dapat terlihat jelas oleh mata kita, bahkan tanpa harus melakukan zooming.
  • Pada Foto terdapat perbedaan yang tegas antara rambut dan background. Perbedaan ini bisa berupa perbedaan warna atau kontras, atau keduanya sekaligus.

 

Oke... biar tidak berlarut-larut, yuk kita jembrengin satu-satu :

 

Langkah 1 :

Buka File (Foto yang akan di edit, dan backround yang akan di pilih), Setelah semua file terbuka, selanjutnya seleksi Gambar 1 menggunakan Pen Tool (P) seperti gambar di bawah ini.

Spoiler

Gambar 1.png


 

Langkah 2 :

Setelah menyeleksi gambar 1, silahkan di buatkan duplikat gambar di atas layer gambar backround, sehingga layer gambar 1 akan menjadi Gambar 1 copy (rubah name file menjadi gambar 2

Spoiler

Gambar 2.png


 

Langkah 3 :

Selanjutnya Nonaktifkan gambar 1 untuk sementara dengan meng-klik icon kecil bergambar mata (layer visibility) di sebelah kiri thumbnail gambar 1. dan import backround yang akan di gunakan ke dalam layer.

Spoiler

gambar 3.png


 

Langkah 4 :

kemudian kembali ke Gambar 1, perhatikan backround asli dari gambar 1 yang masih menempel pada area rambut, bagian itu yang akan kita hilangkan dengan menggunakan Blend Mode.
pertama buat dulu backround asli Gambar 1 menjadi putih polos, caranya ke menu image > adjustment > level (Ctrl+L), selanjutnya Klik 

Spoiler

Gambar 4.png

Gambar 5.png


 

 Langkah 5 :

Atur Gambar 1 menjadi Multiply, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:
Spoiler
Gambar 6.png

 

Langkah 6 :

Aktifkan kembali Gambar 2 yang telah di nonaktifkan, selanjutnya tambahkan layer Mask pada gambar 2
Spoiler

gambar 7.png


 

Langkah 7 :

Setelah itu lakukan brush dengan perlahan dan hati-hati (atur opacity brush sesuai dengan kebutuhan) di backround Gambar 2 (kerja di layer Mask) yang telah di buat di langkah sebelumnya. Kalian akan melihat backround asli tersebut akan terhapus. ingat sebelum menggunakan brush tool pastikan warna foreground pada pengaturan photoshop anda sudah berwarna hitam
Spoiler
gambar 8.png

 

Nah itu dia Bro&Sist cara seleksi rambut di photoshop menggunakan Blend Mode, Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 Before Foto Asli :

 

Untitled-1.png

 

 

After Edit :

 

Untitled-2.pngUntitled-1.png

 

=======================================

 

[PITSTOP] Custom Bike Modification - Part I

 

=======================================

Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang