angguhNewcomerangguh 0 4 posts
Di-posting April 2016
Photography

Cara Hasilkan Foto Keren Dari Kamera Smartphone

smartphone-fotografi-2-jutaan.jpg

 

Selain berfungsi sebagai komputer portabel, pemutar musik sekaligus konsol game, smartphone kini mulai menggantikan kamera digital. Penyebabnya sangat mudah ditebak, karena smartphone berukuran kecil, selalu dibawa kemanapun, mudah digunakan serta memiliki kualitas kamera yang semakin baik.

 

Berikut beberapa tips untuk menghasilkan foto yang lebih baik menggunakan kamera smartphone.

 

Bersihkan lensa
Smartphone mungkin kamu bawa kemana-mana dan letakkan dimana saja dan kamu tidak tahu sekitar tempat kamu menaruh smartphone terdapat debu dan kotoran yang kemudian menempel pada lensa. Pastikan kamu membersihkannya dengan kain lembut sebelum kamu mengambil gambar.

 

Gunakan kedua tangan
Saat menerima telpon, mengirim pesan atau mendengarkan musik umumnya bisa kamu lakukan dengan satu tangan. Kamu mungkin juga akan tergoda mengambil foto dengan satu tangan bila smartphone kamu cukup ringan. Ini bisa membuat tangan kamu goyang dan gambar menjadi kabur terutama bila kondisi cahaya redup.

Solusi termudah ialah memegangnya dengan dua tangan. Bila smartphone memiliki tombol kamera khusus, gunakan tombol tersebut jangan menggunakan ikon pada layar, agar posisi smartphone tetap stabil dan hanya ada sedikit gerakan.

 

30022-iphone4_lens.png

Matikan flash
Sebagian orang memotret dengan selalu mengaktifkan lampu flash, ini sering menghasilkan gambar wajah dengan mata merah ketika foto bersama. Pelajari penggunaan lampu flash secara efisien dengan menggunakannya ketika kondisi cahaya kurang terang untuk membantu meningkatkan ketajaman gambar dan berhati-hati saat memotret wajah agar tidak berbayang dan mata seperti terbakar. Pastikan sumber cahay mucul dari belakang saat memotret dan hindari memotret permukaan yang reflektif.

 

Komposisi gambar
Sangat mudah memotret dengan smartphone sehingga mungkin kamu tidak pernah berfikir apa yang akan kamu potret, tinggal mengahapusnya bila kurang memuaskan. Berfikir sejenak mengenai adegan yang ada dihadapan kamu, dapat mengubah foto biasa menjadi luar biasa.

Aplikasi kamera smartphone banyak yang dilengkapi dengan fitur grid yang disebut Rule of Third (Golden Ratio), berupa dua garis vertikal dan horisontal. Mencoba memastikan titik fokus adegan berada dimana perpotongan garis dan horison berada tepat diatas atau bawah garis, bukan ditengah, untuk menghasilkan gambar yang alami dan indah.

 

Kontrol eksposur
Eksposur ialah jumlah cahaya yang ditangkap sensor yang akan menentukan seberapa gelap atau terang foto yang dihasilkan. Beberapa smartphone menawarkan kontrol eksposur lebih banyak seperti Samsung Galaxy S6, Microsoft Lumia 640XL dan LG G4. Kontrol eksposur yang luas memungkinkan kamu menyesuaikan white balance, brightness, ISO hingga metering cahaya. Bila menginginkan kontrol lebih banyak pada smartphone kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti Snapseed, yang menawarkan sejumlah tweak eksposur dan tersedia untuk Android dan iOS.

 

crop-composition.jpg

Zoom digital dan cropping
Zoom optik sangat jarang dimiliki kamera smartphone, karena mahal dan membuat bentuk smartphone menjadi lebih tebal. Kebanyakan merupakan zoom digital dimana hanya memperbesar pixel sehingga nampak lebih dekat, namun bisa mengurangi kualitas gambar.

Sebisa mungkin hindari menggunakan zoom digital dan salah satu solusinya ialah cropping atau memotong gambar hasil pemotretan. Banyak smartphone berkemampuan kamera 12-megapixel dan kualitasnya masih cukup baik sekaligus masih cukup besar meski kamu mengeditnya menjadi setengah gambar.

 

Manfaatkan filter
Kini smartphone umumnya telah memiliki filter built-in atau kamu bisa mengunduh aplikasi seperti Snapseed atau Instagram yang dilengkapi dengan berbagai filter. Filter ini merupakan cara menarik memberi efek dramatis pada gambar.

 

Mulai sekarang gunakan smartphone kamu untuk menghasilkan gambar-gambar keren dan menakjubkan. Jangan lupa share disini bila memiliki tips lain atau gambar keren yang dihasilkan dari smartphone agar bisa dinikmati banyak orang.

Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang