xaverius8535Newcomerxaverius8535 0 25 posts
Di-posting September 2015
Windows

[Gadget Review] Microsoft Lumia 640 LTE - Sang Kuda Hitam

original.jpg

 

LUMIA640.png

 

Sebutan kuda hitam sepertinya layak disandang ponsel keluaran Microsoft yang satu ini. Di tengah maraknya pabrikan ponsel Android yang berlomba-lomba memberikan spesifikasi gahar untuk pengguna ponselnya terutama di kelas entry dan menengah untuk lebih mendobrak pendapatan mereka, Microsoft hanya menelurkan Lumia 640 LTE dengan chipset Qualcomm Snapdragon 400 untuk kelas menengahnya.

Saya mengerti bahwa Microsoft memang tidak menggunakan chipset sebagai selling point untuk Lumia 640 LTE, tapi apakah dengan mengandalkan OS yang lebih ramah hardware daripada Android ini mereka bisa mendobrak pasar ponsel yang mayoritas sekarang sudah dikuasai Android?

Mari kita lihat seberapa layakkah Lumia 640 LTE ini bertarung melawan ponsel Robot Hijau pada thread ini.

 

sekilas.png

  • Layar IPS LCD seluas 5 inchi dengan teknologi ClearBlack
  • Resolusi Layar 720p, kerapatan piksel 294 ppi
  • Corning Gorilla Glass 3 untuk melindungi layar
  • Qualcomm Snapdragon 400 dengan Quad Core Cortex-A7 1,2 GHz
  • RAM 1 GB
  • Windows Phone 8.1 dengan Lumia Denim - bisa di upgrade ke Windows 10
  • Kamera utama 8 Megapiksel dengan kemampuan merekam video hingga 1080p@30Hz
  • Internal sebesar 8 Gigabyte, tapi hanya 3 Gigabyte yang bisa digunakan
  • Slot untuk memori tambahan (microSD) hingga 128 Gigabyte
  • Microphone untuk mengurangi noise saat melakukan panggilan
  • LTE ready
  • FM Radio
  • Baterei Li-Ion 2,500 mAh
  • Tidak ada headset dalam paket penjualan

 

desain.png

Lumia 640 LTE mengusung dimensi yang cukup besar untuk ponsel berlayar 5 inchi dan tanpa tombol fisik ataupun tombol kapasitif di bagian depan ponsel.

Dimensi ponsel ini adalah 141.3 x 72.2 x 8.8mm dan memiliki berat 145g.

Spoiler
measure.png

Desain Lumia 640 LTE ini serupa dengan desain ponsel Lumia yang lain. Bagian depan ponsel adalah kaca, yang dilapisi dengan Gorilla Glass 3 sehingga lebih tahan terhadap goresan dan benturan ringan. Layar IPS LCD dengan diagonal 5 inchi membentang di bagian ini, cukup luas tapi masih menyisakan bezel cukup lebar.

Spoiler
gsmarena_019.jpg

Bagian belakang ponsel dibentuk dari plastik polikarbonat, dengan model matte atau glossy, tergantung dari warna ponsel yang ada. Warna orange, cyan, dan putih menggunakan model matte di penutup belakang ponselnya, sedangkan warna hitam menggunakan matte.

Spoiler
pic640.jpg

Kembali ke bagian depan, di atas layar 5 inchi, tersemat kamera ukuran 1 Megapiksel yang mampu merekam video hingga 720p, meski terbilang resolusi pikselnya masih minim, tapi ini sudah merupakan upgrade dari Lumia seri 6 sebelumnya. Sensor proximity dan sensor cahaya juga ditambahkan ke Microsoft Lumia 640. Selain itu ada speaker untuk melakukan panggilan telepon serta logo Microsoft di bagian ini.

Spoiler
gsmarena_003.jpg

Semua tombol fisik dari ponsel ini berada di sebelah kanan ponsel, dimulai dengan tombol volume di paling atas, kemudian tombol power yang letaknya berada di tengah. Di Lumia 640, kita tidak akan menemukan tombol shutter untuk kamera.

Spoiler
gsmarena_008.jpg

Port 3.5 mm yang digunakan untuk headset atau handsfree berada di bagian atas ponsel, sedangkan port microUSB untuk charging berada di bagian bawah ponsel.

Spoiler
gsmarena_010.jpg

Spoiler
gsmarena_009.jpg

Di bagian belakang ponsel, terdapat kamera 8 megapiksel. Peletakan kamera ini berada cukup di tengah, sehingga pada saat mengambil foto, jari kita tidak akan menutupi lensa kamera. Flash LED ditambahkan ke Lumia 640, dan ini merupakan hal yang baru, mengingat seri 6 sebelumnya tidak memiliki Flash pada kameranya.

Spoiler
gsmarena_012.jpg

Speaker di ponsel ini adalah lingkaran hitam yang berada di bagian belakang ponsel, letaknya ada di sebelah bawah dan bentuknya sangat kecil jika dibandingkan body ponsel secara keseluruhan.

Spoiler
gsmarena_013.jpg

Bagian belakang dari ponsel ini bisa di buka, di dalamnya dapat kita temukan baterei yang bisa dilepas, slot SIM Card dan slot microSD.

Spoiler
gsmarena_014.jpg

 

layar.png

Microsoft Lumia 640 LTE menggunakan layar dengan diagonal 5 inchi, dengan resolusi 1280x720 piksel, sehingga kerapatan piksel mencapai 297 ppi. Tentu saja nilai ini masih di bawah kualifikasi untuk retina display (300ppi), tapi cukup mendekati. Sedangkan tipe layar yang digunakan oleh ponsel ini adalah IPS LCD.

Layar pada Lumia 640 ini juga menggunakan teknologi ClearBlack, teknologi yang memungkinkan kita melihat ke layar ponsel di bawah cahaya matahari langsung.

Spoiler
gsmarena_001.jpg

 

connect.png

Microsoft Lumia 640 LTE, sesuai dengan namanya merupakan ponsel yang ready digunakan pada jaringan LTE. Kecepatan LTE pada Lumia 640 mencapai 150Mbps/50Mbps, sedangkan pada jaringan 3G HSPA+ dapat mencapai 42Mbps/5.76Mbps.

Selain itu, seperti ponsel lain pada umumnya, Lumia juga dipersenjatai dengan konektifitas WiFi b/g/n dual band, dan bluetooth 4.0 A2DP. Tidak lupa NFC juga disematkan dalam ponsel generasi 6 terbaru ini.

Untuk menentukan posisi, Lumia 640 menggunakan GPS, GLONASS dan Beidou, serta kompas.

Lumia 640 juga bisa digunakan untuk FM Radio, untuk mereka yang masih gemar mendengarkan radio.

 

battery.png

Untuk mendukung kinerja ponsel sehari-hari, Microsoft memberikan Li-Ion 2,500mAh untuk ponsel mereka ini, kapasitas baterei yang sama dengan yang digunakan pada Galaxy S6.

Hasilnya tentu saja sangat luar biasa, menurut tes yang dilakukan oleh GsmArena.com, Lumia 640 LTE bisa bertahan hingga 76 jam atau setara dengan 3 hari.

Spoiler
battest.jpg

 

ui.png

Tentu saja Microsoft Lumia 640 LTE menggunakan Windows sebagai sistem operasinya. Versi yang digunakan di Lumia 640 adalah Windows mobile 8.1 Lumia Denim. Rencananya ponsel ini akan mendapatkan Windows 10, jika sistem tersebut sudah siap.

Glance Screen, adalah salah satu fitur menarik pada windows 8.1, dimana layar ponsel akan berfungsi layaknya layar monokrom yang menampilkan jam serta menampilkan notifikasi. Interval waktu dari fitur ini juga bisa diatur sesuai selera pengguna ponsel.

Selain fitur itu, Double Tap to Wake, atau dua kali sentuhan untuk membangunkan layar juga ditambahkan ke ponsel ini.

 

Spoiler
gsmarena_3001.jpg

Seperti sistem operasi windows 8 pada umumnya, lumia 640 ini juga menggunakan kotak-kotak  (tile) untuk interaksi.  Selain itu juga ada action center, tempat shortcut dan notifikasi bisa dilihat secara langsung, yang muncul jika bagian atas layar di geser ke bawah, seperti yang ada di Android.

 

 

Spoiler
gsmarena_00c3.jpg

Spoiler
gsmarena_005c.jpg

Aplikasi di Windows 8.1 akan tetap berjalan, jika kita menekan tombol windows di layar. Dan akan dilanjutkan nanti, jika aplikasi tersebut dipanggil kembali, fitur ini mirip dengan fitur yang digunakan di IOS.

 

 

Spoiler
gsmarena_00x7.jpg

Selain itu ada fitur seperti Do Not Disturb di IOS, di Windows nama fitur ini adalah Quiet Hours. Quiet Hours bisa di set intervalnya dan akan memblok semua panggilan dan SMS, tentu saja dengan tambahan exception contact. Selain itu, quiet hours juga bisa di set lewat event yang ada di calendar.

 

 

Spoiler
gsmarena_010c.jpg

Dan tentu saja Microsoft Cortana ada di dalam ponsel LTE ini, asisten buatan windows yang memiliki fungsi yang sama seperti Siri di IOS atau google now di Android.

 

 

Spoiler
cortana.jpg

 

 

performa.png

Seperti yang saya jelaskan di pembukaan, Microsoft tidak berniat menjual hardware sebagai selling point mereka. Tentu saja hal tersebut masuk akal adanya, mengingat ponsel ini hanya dipersenjatai oleh Qualcomm Snapdragon 400, quad core 1.2 GHz Cortex-A7 dan 1 GB RAM.

Namun jangan lupa bahwa OS Windows adalah sistem operasi yang lebih hardware friendly daripada Android, sehingga meskipun menggunakan spesifikasi seperti di atas, Lumia 640 tetap berjalan dengan smooth.

Pada benchmark yang dilakukan oleh GsmArena.com, lumia 640 tidak pernah berada di posisi teratas. Pada saat melewati tes Antutu 4, nilai yang diperoleh ponsel ini adalah 11666.

 

Spoiler
antutu.png

Pada test Kraken, nilai yang didapat oleh ponsel ini adalah 26647.

 

 

Spoiler
kraken.png

Pada test BrowserMark, nilai dari Lumia 640 adalah 610. Nilai ini didapatkan dari test menggunakan browser bawaan Lumia yaitu Internet Explorer, yang memang jauh tertinggal jika dibandingkan browser-browser lain.

 

 

Spoiler
browsermark.png

 

 

phonecontact.png

PhoneHub, adalah daftar kontak bawaan Windows Mobile 8.1. Fitur yang ditawarkan di PhoneHub ini cukup lengkap, karena sudah support banyak akun dalam satu kontak.

 

Spoiler
gsmarena_015c.jpggsmarena_01c7.jpg

Spoiler
gsmarena_019c.jpg

 

 

multi.png

Album foto pada Lumia menggunakan aplikasi Photo Hub, dibantu dengan Onedrive untuk backup ke online storage. Microsoft memberikan 30GB untuk pengguna Lumia, dan tambahan 3GB per device yang digunakan.

 

Spoiler
album.jpg

Music Player bawaan ponsel ini terbilang cukup sederhana. Sangat disayangkan, aplikasi ini belum bisa memutar FLAC. Bagi pengguna yang suka mengutak-atik equalizer saat memainkan musik, Lumia 640 juga menyediakan fitur equalizer ini.

 

Selain music player, Lumia 640 juga dibekali dengan Radio FM bagi para pecinta siaran radio.

 

Spoiler
c.jpg

Ada aplikasi Video di dalam ponsel ini, tentu saja fungsinya untuk memutar video. Tercatat beberapa format video yang bisa dimainkan oleh aplikasi ini adalah XviD, DivX, MOV, WMV dan H.264. Tapi pada saat memutar AC3, suara tidak bisa keluar. Pemilihan subtitle pada aplikasi ini juga terbilang minim.

Spoiler
video.jpg

 

speka.png

Menurut test yang dilakukan oleh gsmArena.com, suara yang dihasilkan oleh speaker di telepon ini mendapatkan nilai bagus. Namun demikian speaker kurang keras sehingga anda mungkin akan kehilangan beberapa panggilan dan notifikasi jika berada di tempat yang ramai.

 

Spoiler
speaker.png

Saat dihubungkan ke amplifier untuk memutar musik, suara yang dihasilkan oleh Lumia 640 sangat bagus dan jernih. Test yang dilakukan oleh GsmArena.com memperlihatkan respon frekuensi yang dimiliki oleh Lumia 640, dengan atau tanpa headset.

 

 

Spoiler
fres.png

 kam.png

Kamera utama di Lumia 640 adalah 8 megapiksel dengan fitur auto fokus, tentu saja didampingi flash LED untuk mengambil foto di tempat gelap. Tombol kamera fisik tidak ditemui pada ponsel seri 6 terbaru ini. Foto 8 megapiksel yang dihasilkan menggunakan resolusi 4:3, jika ingin mengambil foto dengan resolusi 16:9 maka foto yang dihasilkan adalah 6.7 Megapiksel.

Untuk antarmuka kamera, terbilang sangat sederhana dan mudah dipahami.

Spoiler
cam.jpg

Selain foto biasa, bisa juga menggunakan fitur-fitur lain seperti cinemagraph, panorama, refocus, selfie dan lain sebagainya. Fitur-fitur ini bisa ditemui di menu Lenses.

Spoiler
ccc.jpg

Hasil foto dari kamera 8 megapiksel ini terbilang bagus dan cukup detil. Kontras yang dihasilkan juga baik. Noise yang ada juga berhasil ditekan ke nilai minimum, secara keseluruhan hasilnya memuaskan.

Beberapa hasil foto dari kamera utama Microsoft Lumia 640 LTE

(hati-hati : large image dalam spoiler)

Spoiler
1.jpg

Spoiler
2.jpg

Spoiler
3.jpg

Spoiler
4.jpg

Beberapa foto lain dari GsmArena.com

(large image di dalam spoiler berikut)

Spoiler
6.jpg

Spoiler
5.jpg

Spoiler
7.jpg

Spoiler
8.jpg

Video dalam Lumia 640 juga memiliki antarmuka sederhana. Video yang dapat dihasilkan oleh kamera 8 megapiksel di ponsel ini adalah 1080p@30Hz. Sayang sekali suara yang direkam oleh ponsel ini hanya AAC tunggal dengan bitrate 160Kbps  dengan frekuensi 48KHz.

Spoiler
gsmarena_047x.jpg

Sedangkan hasil video dari Lumia 640 ini kurang lebih senada dengan foto yang dihasilkan, warna, kontras dan hasilnya bisa dibilang bagus.

Berikut hasil video 1080p@30Hz dengan menggunakan Lumia 640.

Spoiler


 

app.png

Internet Explorer adalah web browser bawaan Lumia 640 LTE. Browser ini sudah memiliki fitur menjelajah secara privat, dan tab yang tidak terhingga jumlahnya.

Spoiler
ie.jpgie2.jpg

Office adalah nilai jual lebih pada sebuah ponsel yang memiliki sistem operasi Windows, karena jumlah pengguna microsoft office yang sangat banyak. File dengan tipe Document, Excel, PowerPoint dapat dilihat dan di edit langsung dalam ponsel ini.  Untuk sinkronisasi ponsel dan komputer, dapat menggunakan Onedrive yang memang built in juga dalam ponsel ini.

Spoiler
off1.jpgxls.jpg

Aplikasi lain yang juga terdapat pada ponsel ini adalah kalender, alarm, kalkulator dan cuaca. Tersedia juga aplikasi Travel, Olah Raga, Keuangan, Makanan dan minuman, serta Berita. Ditambah beberapa game standar.

Spoiler
appsss.png

Tentu saja ada aplikasi HERE+ di Lumia 640 LTE, dan file manager buatan microsoft yang cukup kaya akan fitur.

Spoiler
here.jpg

 

  • afithusniNewcomerafithusni 0 17 posts
    Di-posting -

    Hihihihi, mantep nih ulasannya bung @xaverius8535 bener banget nih, klo emang buat nyari produktifitas dan kecepatan 4G dengan harga terjangkau, 640LTE rekomen banget. Sayangnya saya belum sempat coa 4G di 640LTE, soalnya sim card LTE nya masih di 1520 Nyengir

  • xaverius8535Newcomerxaverius8535 0 25 posts
    Di-posting -

    pakhir.png

    Nilai plus didapatkan pada ponsel ini antara lain:

    • Layar 5 inchi dengan resolusi 720p
    • IPS LCD dengan tambahan gorilla glass 3
    • Baterei 2500 mAh untuk OS Windows
    • Hasil kamera benar-benar memuaskan
    • Janji upgrade ke Windows 10

    Nilai minus yang didapatkan untuk ponsel ini antara lain:

    • Desain masih menggunakan plastik polikarbonat
    • Masih meggunakan prosesor Snapdragon 400
    • Aplikasi untuk sistem operasi ini masih tergolong minim

    Kembali ke penilaian masing-masing, jika menginginkan sebuah ponsel dengan sistem operasi yang hardware friendly, Lumia 640 bisa menjadi salah satu jawaban. Dengan bandrol sekitar 2 jutaan, rasanya ponsel ini masih bisa bersaing dengan ponsel Android yang boros baterei.

    Jika menginginkan ponsel yang kaya akan aplikasi, Lumia 640 belum bisa menjadi jawaban. Karena hingga saat ini aplikasi yang ada untuk sistem operasi ini masih tergolong minim. Namun demikian, Microsoft hingga sekarang masih mendorong para developer untuk membuat aplikasi di sistem operasi Windows.

    Selanjutnya terserah anda, apakah anda tipikal pengguna yang suka banyak aplikasi dan tidak mau menunggu lama, atau apakah anda tipikal pengguna yang bosan kalau berada dekat power bank atau charger Smile.

    Kalau saya, Lumia 640 LTE menjadi salah satu pilihan ponsel LTE yang menarik.

     

     

    spec.png

    Inilah Lumia 640 LTE, kuda hitam yang siap mendobrak setiap saat.

    Spoiler
    specall.png

    Spoiler
    gsmarena_d003.jpg

     

    foot.png

    Salam teman,

    Selamat datang di Thread sederhana ini,

    Teman-teman yang sudah mampir, tolong kasih Wow ya Smile

    Terima kasih untuk teman-teman yang sudah bela-belain mampir dan memberi Wow.

     

    Salam kak @adityamajid , salam kak @freeyudis dan para ranger yang lain,

    Ini jawaban ke 3 saya untuk XplorAksi Challenge ke 5 (#XplorAksi4G).

    Terima kasih sudah mampir ke thread review yang sederhana ini Smile

     

    Oh ya, Jawaban yang sebelumnya ada di sini kak...

    1. [Gadget Review] Samsung Galaxy Note5 - Next is Now
    2. [Gadget Review] Xiaomi Redmi Note 2 - The Mid Range Superstar

    Dan ini bukti share nya untuk thread yang ini kak...

    Spoiler
    fb.png

    Spoiler
    twitt.png

     

    Semua tulisan adalah tulisan sendiri dan tidak dibantu mengetik sama orang lain.

    Sumber review dan picture berasal dari GsmArena dan Microsoft

    Jika ada kesalahan data atau kalimat, bukan murni disengaja.

     

    Sampai jumpa di thread berikutnya Smile

  • xaverius8535Newcomerxaverius8535 0 25 posts
    Di-posting -

    Iya, benar sekali bro, sebenarnya gadget berlogo jendela ini mumpuni jika bertarung dengan robot ijo atau apel.

     

    Jika ditarungkan dengan apel, dia menang dari segi harga, harga lebih murah jika dibanding apel, tapi dengan OS yang sama2 hardware friendly. Sayangnya, kalah dalam jumlah aplikasi kalo dibanding apel.

     

    Begitu juga kalo dilawankan dengan robot, robot itu OS yang benar2 rakus hardware, tapi harganya kalau dihitung2 secara hardware jadi lebih murah dari microsoft. Ya mungkin ini karena Android itu opensource kali, oleh sebab itu harganya bisa lebih murah. Ditambah lagi aplikasi nya yang berjubel itu membuat microsoft kewalahan kalo lawan robot ijo.

     

    Oleh sebab itu di review saya mengatakan bahwa, kalau microsoft mau serius menyodok robot dan apel, mereka harus cari cara agar aplikasi di os mereka bisa ditambah.

     

    Wait and see, apa yang akan mereka lakukan di Windows 10 nanti Smile Feeling saya sih, windows 10 ini ajang kebangkitan microsoft, kalau langkah mereka benar.

  • GrinsantNewcomerGrinsant 0 2 posts
    Di-posting -

    Wah, adik saya punya yang Lumia 640 XL. Puas banget deh, apalagi dipasangin Windows 10, walaupun masih preview, tapi udah oke.

  • jasson98Newcomerjasson98 0 1 posts
    Di-posting Desember 2018
    Microsoft Lumia 640 XL is the best window mobile phone my brother had this phone it has a very good camera high-resolution screen and best apps features had this phone. personally, I like this window phone.
Sign In atau Register untuk berkomentar.
X
Registrasi Sekarang